Dalil Ciri-Ciri Orang Munafik

Hadits Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik

Dalil Ciri-Ciri Orang Munafik

Hai sobat pembelajar! Selamat datang kembali di blog sederhana suryadisabilitas.com.

Kali ini admin akan membagikan pembelajaran hadist tentang Dalil Ciri-Ciri Orang Munafik.

Berikut admin membagikan ilustasi pembelajan saat seorang guru hendak mengajarkan dalil ciri-ciri orang munafik. Artikel ini admin replikasi dari www.cecepgaos.com.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi anak-anakku sekalian. Apa kabarnya hari ini? Semoga anak-anak bapak/ibu semuanya selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Nah, hari ini kita akan belajar Dalil tentang Ciri-Ciri Orang Munafik.

Apakah kamu pernah mendengar kata munafik? Apa saja Ciri-Ciri Orang Munafik? Apa saja Dalil  Ciri-Ciri Orang Munafik? Simak dengan baik ya Dalil tentang Ciri-Ciri Orang Munafik. 

Sebelumnya bapak/ibu akan menjelaskan secara singkat tentang pengertian orang munafik.

Anakku sekalian. Anak-anakku hari ini kita akan belajar hadits atau dalil ciri-ciri orang munafik.

Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dengan bentuk sebaik-baiknya. Berbeda dengan makhluk lainnya seperti malaikat, jin, setan, iblis, dan lain sebagainya. Hal yang membuat manusia ciptaan paling sempurna adalah karena manusia dibekali akal pikiran oleh Allah SWT agar dapat membedakan antara sifat baik dan sifat yang buruk. 

Salah satu sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT adalah sifat orang yang munafik.

Nifaq atau munafik adalah sebuah terminologi dalam ajaran Islam yang merujuk pada mereka yang hanya berpura-pura mengikuti ajaran dalam agama, namun hatinya tidak mengakui.

Sebagaimana yang dikutip dari sc.syekhnurjati.ac.id, bahwa munafik secara bahasa bermakna ketidaksamaan antara keadaan lahir dan batin. 

Kalimat atau bahasa yang mudah untuk disimpulkan adalah ketidaksamaan tersebut dalam hal keyakinan, hatinya kafir akan tetapi mulutnya beriman.

Salah satu ciri dari orang yang munafik adalah apabila ia berkata, ia akan berdusta. Sebagaimana yang tertuang dalam salah satu surah Alquran dalam surah Al-Baqarah ayat 76 yang artinya sebagai berikut:

Dalil Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik

Mengenal Ciri-ciri Orang Munafik menurut Hadits Rasul

Seperti yang kita diketahui bahwa munafik merupakan salah satu sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Mengapa demikian? Karena orang yang munafik itu selalu menunjukkan sikap yang tidak menentu dan susah untuk kita ketahui kebenaran ucapan yang ia sampaikan.

Pada dasarnya, munafik itu adalah merupakan sifat bathaniyah yang ianya bisa dengan cepat menguasai jiwa seorang manusia. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya mungkin termasuk orang yang tergolong memiliki sifat ini. Berikut ini beberapa hadits tentang ciri-ciri orang munafik:

Berikut ini Hadis Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik.

 



Artinya: 


Untuk lebih jelas bagaimana cara membaca dan memahami hadis tersebut, marilah kita simak video di bawah ini.


Isi Kandungan Hadits tentang Ciri-Ciri Orang Munafik

Hadis tersebut di atas menerangkan kepada kita tentang tanda-tanda orang munafik.

Orang munafik seperti orang yang memiliki muka dua, lain apa yang diucapkan dan lain juga apa yang ada di hatinya.

Jika dia bertemu atau berada dalam kalangan orang muslim, maka ia akan mengatakan bahwa dirinya orang Islam. Akan tetapi, jika dia bertemu atau berada di dalam golongan lainnya, dia pun akan mengatakan bahwa ia dalam golongan tersebut.

Terdapat tanda-tanda atau sifat-sifat yang tidak baik pada diri orang munafik. Adapun ciri-cirinya sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadis tersebut di atas yaitu:
  1. Orang munafik selalu berkata dusta. Dia selalu memberi keterangan yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Yang akhirnya akan mengakibatkan permusuhan dan keributan antar sesama.
  2. Orang munafik selalu mengingkari janji. Seorang yang selalu ingkar janji maka ia dia tidak dapat menepati janjinya serta perkataannya pun tidak dapat dipercaya. Orang munafik dia tidak dapat dipercaya dan ia selalu tidak menepati janjinya.
  3. Orang munafik selalu berkhianat jika diberi amanah. Jika ia diberikan sebuah amanah atau kepercayaan selalu dikhianati dan disalahgunakan. Ia akan selalu merugikan orang lain. Artinya adalah orang munafik sering dibenci dan ttidak disukai orang di sekitarnya.
Bahkan dalam hadist yang lain Nabi kita Muhammad Rasulullah SAW, sangat khawatir jika ada di antara umatnya memiliki sifat munafik, sebagaimana dalam salah satu hadits berikut yang diriwayatkan oleh At-Tabrani yang artinya:

"Sungguh yang paling aku khawatirkan atas kalian semua sepeninggalku adalah orang munafiq yang pintar berbicara." (HR At-Tabrani).


Mempercepat Sholat

Selain ciri-ciri yang telah disebutkan di tas, ciri lainnya adalah dapat dilihat dari bagaimana ia melakukan shalatnya.

Seorang muslim yang sering mempercepat shalatnya, maka ia cenderung memiliki sifat munafik. Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Dalil Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik

Orang Munafik Sering Ingkar Janji

Orang munafik ia akan sering ingkar janji, dan itu menjadi salah satu ciri khasnya orang munafik. Ia menjadi orang yang sangat gema ingkar janji, setiap perkataannya tidak bisa dipegang dan dipercaya. Selain dari pada itu juga, dia sukaingkar dengan janji yang telah ia ucapkan kepada irang lain.

Sebagaimana yang tercantum dalam surat An-Nahl ayat 91, yang artinya:

Dalil Tentang Ciri-Ciri Orang Munafik

Cara menghilangkan sifat-sifat atau perbuatan orang munafik

Selalulah bersikap jujur dalam setiap keadaan. Katakan yang benar walapun itu pahit untuk dirakan. Jika dirimu takut akan ucapan yang tidak bermanfaat, mak lebih baik diam saja.

Hindari banyak membuat janji kepada teman-teman, karena dikhawatirkan kamu akan lupa akan janji yang telh diucapkan.

Berusaha sekuat tenaga untuk selalu menjaga amanah yang telah dipercayakan pada dirimu. Hendaklah takut kepada Allah apabila amanah yang diberikan  tidak dapat dijaga dengan baik. 

Belajarlah untuk bersikap bertanggung jawab atas amanah yang diberikan, apa pun jenis amanah yang diberikan padamu.
.
Anak-anakku sekalian, demikianlah pembelajaran tentang dalil ciri-ciri orang munafik. Bapak/ ibu berharap semoga kalian semua dapat memahami dengan baik dan juga mengamalkannnya dalam kehidupan sehari-hari.


Billlahittaufiq walhidayah.


Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Sumber: cecepgaos.com dan juga ditambahkan dari sumber lainnya.


Post a Comment for "Dalil Ciri-Ciri Orang Munafik"