Pentingnya Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif

Sebelum admin menjelaskan lebih lanjut prinsip dan pentingnya Universal Design for Learning atau disingkat dengan UDL, alangkah baiknya kita kupas satu persatu arti dari UDL itu sendiri.
Pentingnya Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif
Sumber gambar: teaching.cambriancollege.ca

Nah, UDL berasal. Dalam istilah yang paling sederhana, setiap bagian dari UDL menunjukkan beberapa elemen yang beda namun harus digabungkan untuk memungkinkan peserta didik mendemonstrasikan apa yang mereka mampu lakukan daripada hanya dilihat oleh lebel dan kondisi mereka.


Yuk, kita lihat lebih lanjut arti per kata dari Universal Design for Learning;

Universal
Ini berarti bahwa semua peserta didik tanpa terkecuali wajib dididik dan diajarkan secara maksimal mencakup siswa dari semua tingkat akademis.

Design
Ini berarti sesuatu pekerjaan yang dilakukan dengan sengaja, direncanakan, dan terencana dengan konsep fleksibilitas untuk peserta didik.

Jika dalam ilmu arsitekur seperti merancang bangunan yang memenuhi aksesibilitas untuk peserta didik berkebutuhan khusus/ penyandang disabilitas. 

Ini berarti bahwa seorang guru juga diwajibkan merancang lingkungan belajar bagi mereka dengan maksud agar semua peserta didik dapat mengakses. 

Learning
Ini berarti bahwa semua peserta didik dituntut dan diberikan dukungan dan layanan agar peserta didik dapat tumbuh dan berkembang menjadi seorang ahli sebagai pelajar.

Pendekatan UDL ini sangat cocok untuk semua individu karena di dalamnya terkadapat strategi dan solusi. UDL adalah pendekatan yang fleksibel yang dirancang agar dapat menyesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan setiap individu peserta didik.


UDL adalah suatu pendekatan yang sangat penting dalam pendidikan karena: 

Peserta didik memiliki gaya dan kebutuhan belajar yang bervariasi 
Ada peserta didik yang sangat senang membaca, di sisi lain ada peserta didik yang termotivasi membaca jika menggunakan alat peraga atau diperankan agar terangsang representasi visual dari idenya. Intinya adalah peserta didik belajar dengan gaya yang berbeda-beda tergantung tujuan dan tujuannya.

Peserta didik dapat menggunakan berbagai perangkat dan teknologi
Ada peserta didik yang mengerjakan tugas hanya cukup menggunakan pena dan kertas saja. Di sisi lain ada peserta didik harus menggunakan materi pembelajaran melalui laptop atau smartphone mereka untuk merangsang pembelajaran. Pastinya kebutuhan peserta didik btidak samaerbeda-beda tergantung pada akses dan kemampuan mereka.

Peserta didik memiliki keadaan pribadi yang bervariasi 
Ada sebahagian peserta didik yang harus dekat dan mendapatkan dukungan dari keluarganya. Di sisi lain ada beberapa peserta didik yang ingin jauh dari keluerga dan tinggal di asrama. Kebutuhan mereka bervariasi berdasarkan keinginan yang berbeda-beda.

Demikian yang dapat admin bagikan terkait pentingnya Universal Design for Learning dan semoga bermanfaat ya sobat pembelajar.

Diterjemahkan secara bebas oleh www.suryadisabilitas.com
sumber: teaching.unsw.edu.au, lacomadre.org

Post a Comment for "Pentingnya Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif"