3 Prinsip Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif

Saat menyatukan Universal Design Learning (UDL) ke dalam sebuah rancangan pembelajaran, maka dapat dipastikan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus/ penyandang disabilitas dapat terlayani dengan baik dan memiliki kesempatan untuk berhasil.

3 Prinsip Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif
Sumber gambar: facultyfocus.com

Intinya adalah, agar kita menjadi guru terbaik semampu yang kita bisa. Tujuan inti adalah memberikan pembelajaran yang terbaik agar peserta didik dapat berkembang.

Baca juga: Pengertian, Prinsip, dan Penerapan Universal Design for Learning

Untuk membantu mengembangkan pemahaman tentang bagaimana untuk menjadi pendidik yang lebih baik untuk peserta didik, penting untuk mengetahui tentang tiga prinsip panduan UDL, yaitu;

The What of Learning

Representasi: 
Merekomendasikan penawaran informasi dalam lebih dari satu format. Misalnya, buku pelajaran terutama visual. Tetapi menyediakan teks, audio, video dan pembelajaran langsung memberi semua anak kesempatan untuk mengakses materi dengan cara apa pun yang paling cocok dengan kekuatan belajar mereka 

The Why of Learning 

Engagement/Keterlibatan:
Pembelajaran relevan dengan kebutuhan dan keinginan siswa dan melibatkan semua siswa. 

The How of Learning
 
Action & Expression:
Memberi anak-anak lebih dari satu cara untuk berinteraksi dengan materi dan menunjukkan apa yang telah mereka pelajari. Sebagai contoh, siswa mungkin dapat memilih antara mengambil tes tulis, presentasi lisan atau melakukan proyek kelompok.

Baca juga: Pentingnya Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif

Berikut admin lampirkan semua powerpoint berbentuk PDF tentang Universal Design Learning (UDL) yang di tulis oleh Dini Handayani, M.Pd Direktur Resourch Center Cinta Asih.
 

Semoga bermanfaat ya

Post a Comment for "3 Prinsip Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif"