Dampak Negatif Usai Makan Langsung Rebahan

Dampak Negatif Usai Makan Langsung Rebahan
Sumber gambar: infia.co

Nah, siapa coba, yang demen banget abis makan langsung rebahan? Itu gak baik, ya. Karena kalo demen berarti sering dilakukan, bukan?

Abis makan terus bawaannya pengen rebahan itu karena apa, sih? Jadi gini, kalo kamu abis makan terus suka timbul rasa ngantuk itu adalah hal normal yang biasanya terjadi & gak perlu khawatir. Cuman yang jadi permasalahan adalah selepas makan langsung rebahan aja, terus menjadi kebiasaan & itu gak disaranin sama sekali.

𝐇𝐦, 𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐩𝐚, 𝐬𝐢𝐡, 𝐡𝐮𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐮𝐬𝐚𝐢 𝐦𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐭𝐞𝐫𝐮𝐬 𝐭𝐢𝐦𝐛𝐮𝐥 𝐫𝐚𝐬𝐚 𝐧𝐠𝐚𝐧𝐭𝐮𝐤?

Ok, gini, mengutip dari laman alodokter*com, ada beberapa jenis makanan yang sifatnya membuat kamu mudah mengantuk usai makan.

Contohnya, seperti keju, ikan, tahu, kedelai, & bayam yang mengandung banyak asam amino triptofan.

Selain itu, mengutip dari laman doktersehat*com, makanan yang tinggi karbohidrat juga menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa ngantuk usai makan. Karena kandungan karbohidrat bisa meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh, yang menyebabkan timbulnya rasa ngantuk.

So, gimana? Udah paham, kan, kenapa abis makan timbul rasa ngantuk. Nah, buat kamu-kamu yang demen banget abis makan langsung rebahan, sebaiknya mengetahui dampak negatif dari kebiasaan ini, deh.

𝐶ℎ𝑒𝑐𝑘 𝑖𝑡 𝑜𝑢𝑡~

𝐇𝐞𝐚𝐫𝐭𝐛𝐮𝐫𝐧

Dampak negatif yang pertama, yaitu ℎ𝑒𝑎𝑟𝑡𝑏𝑢𝑟𝑛, kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman karena sensasi nyeri dan panas di bagian atas perut akibat dari naiknya asam lambung. Iya, lah, abis makan langsung rebahan apalagi perut dalam keadaan penuh, makanan yang lagi dicerna sama lambung, tuh, bisa naik kembali ke atas kerongkongan, beb. Jadi, hentikan kebiasaan buruk ini. ^•^

𝐎𝐛𝐞𝐬𝐢𝐭𝐚𝐬
 
Ini bisa terjadi jika kita sering usai makan, tuh, terus langsung leha-leha rebahan, ini gak baik karena tubuh kamu gak memiliki waktu yang cukup buat membakar kalori dalam makanan. Akhirnya, apa? Makanan itu malah menumpuk dalam tubuh & bertransformasi jadi timbunan lemak. Iya, lemak, bukan timbunan emas. 😭

𝐒𝐢𝐬𝐭𝐞𝐦 𝐏𝐞𝐧𝐜𝐞𝐫𝐧𝐚𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐓𝐞𝐫𝐠𝐚𝐧𝐠𝐠𝐮

Mengutip dari laman doktersehat*com, dampak negatif dari usai makan langsung rebahan dapat mengakibatkan refluks esofagus, di mana kondisi ini merupakan proses makanan dari lambung menuju esofagus, ialah saluran yang berfungsi mengantarkan makanan dari mulut ke perut.

Nah, saat makanannya kembali ke esofagus & mulut, bisa menimbulkan rasa pahit. Jadinya, kerongkongan pun juga terasa panas, hampir sama, ya, dengan heartburn yang sebelumnya, & juga menimbulkan rasa kering di kerongkongan. Gejala ini biasanya ditandai dengan rasa mulas & ingin muntah.

𝐌𝐚𝐬𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐏𝐚𝐫𝐮-𝐏𝐚𝐫𝐮

Tidak hanya dapat mengganggu pencernaan, kebiasaan buruk ini juga dapat memicu masalah pada paru-paru kamu, nih, Knowledgers. Apalagi untuk kamu-kamu yang memiliki penyakit maag. Selain itu, saat asam lambung yang kemungkinan dapat berbalik arah karena posisi tidur yang menuju ke saluran pernapasan kita. Bahaya ini menyebabkan kerusakan paru-paru serta laring (kotak suara) dan juga peradangan.

𝐒𝐭𝐫𝐨𝐤𝐞

Menurut sebuah studi oleh University of Ioannina Medical School, Yunani, menjelaskan bahwa jika seusai makan langsung tidur dapat meningkatkan risiko stroke. Ini muncul karena untuk orang yang memiliki jarak waktu paling lama antara makan & tidurnya itu, memiliki risiko paling rendah untuk mengalami penyakit stroke ini.

Tidak ada penjelasan terkait penelitian tersebut. Namun, ada teori yang menjelaskan, kalo abis makan langsung tidur dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Nah, hal ini menyebabkan sleep apnea yang berkaitan dengan stroke.

Gimana, Knowledgers? Masih mau mempertahankan hal yang memicu penyakit seperti usai makan langsung rebahan? Jangan lagi, ya.

Ayolah, hentikan kebiasaan buruk ini demi kesehatan dirimu sendiri. Apa susahnya, coba, setelah makan, duduk aja dulu selama 2 jam-an, bisa dipake buat baca buku ataupun nonton, yang penting jangan langsung rebahan!

Ok, see you next time!

Penulis: Sugita Harnika (Nama Akun Facebook), dari Ruang Pengetahuan

Referensi:

1) Redaksi DokterSehat. 2019. 7 𝘉𝘢𝘩𝘢𝘺𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘉𝘪𝘴𝘢 𝘛𝘦𝘳𝘫𝘢𝘥𝘪 𝘑𝘪𝘬𝘢 𝘈𝘯𝘥𝘢 𝘛𝘪𝘥𝘶𝘳 𝘚𝘦𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘔𝘢𝘬𝘢𝘯. https:**www*google*com/amp/s/doktersehat*com/bahaya-tidur-setelah-makan/amp/. Diakses 11 Juni 2021.

2) Adrian, Kevin. 2019. 𝘉𝘦𝘣𝘦𝘳𝘢𝘱𝘢 𝘋𝘢𝘮𝘱𝘢𝘬 𝘒𝘦𝘣𝘪𝘢𝘴𝘢𝘢𝘯 𝘛𝘪𝘥𝘶𝘳 𝘚𝘦𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘔𝘢𝘬𝘢𝘯. https:**www*alodokter*com/rupanya-ini-penyebab-dan-dampak-buruk-tidur-setelah-makan. Diakses 11 Juni 2021.

3) Veratamala, Arinda. 2017. 𝘑𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘓𝘢𝘯𝘨𝘴𝘶𝘯𝘨 𝘛𝘪𝘥𝘶𝘳 𝘚𝘦𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘔𝘢𝘬𝘢𝘯, 𝘐𝘯𝘪 4 𝘋𝘢𝘮𝘱𝘢𝘬 𝘕𝘦𝘨𝘢𝘵𝘪𝘧𝘯𝘺𝘢. https:**www*google*com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/kenapa-setelah-makan-tak-boleh-langsung-tidur/%3famp=1. Diakses 11 Juni 2021.

Post a Comment for "Dampak Negatif Usai Makan Langsung Rebahan"