Teknologi dan Pengaruhnya pada Anak

Sebuah penelitian melaporkan bahwa bahwa anak-anak di bawah usia 6 tahun menggunakan teknologi digital rata-rata 1,58 jam sehari, bermain di luar rata-rata 2,01 jam, dan menghabiskan 39 menit untuk membaca.

Teknologi dan Pengaruhnya pada Anak
Sumber: fajar.co.id

Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa 36% anak tinggal di rumah yang selalu menyalakan televisi, 45% orang tua menggunakan televisi sebagai sarana untuk menyibukkan anak ketika mereka memiliki pekerjaan penting yang harus diselesaikan, dan 27% anak-anak antara 4 dan 6 menggunakan komputer setiap hari (Rideout, Vandewater, & Wartella, 2003)

Berikut ini akan dijelaskan lebih dalam tentang pengaruh alat teknologi terhadap anak.

1. Televisi

Televisi berperan aktif dalam dunia anak-anak karena sifatnya yang menarik dan menghibur secara visual dan auditori. Menonton televisi dan video secara berlebihan oleh anak-anak di bawah usia dua tahun telah dilaporkan secara signifikan mempengaruhi perkembangan bahasa dan gangguan perilaku ( (Chonchaiya & Prusanandaonda, 2008; Mistry, Minkovitz, Strobino, & Borzekowski, 2007).

2. Komputer

Mirip dengan televisi, komputer telah menjadi elemen yang sangat diperlukan dalam kehidupan anak-anak. Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer pada anak usia dini dapat berdampak negatif pada keberhasilan akademik karena konsentrasi yang rendah, kurangnya perhatian dan disorganisasi, keterampilan bahasa yang tidak berkembang, kreativitas, dan imajinasi yang terlihat pada anak-anak sebagai akibat dari penggunaan komputer yang berlebihan (Cordes & Miller , 2000; Palmer, 2015).

3. Internet

Studi tentang kemungkinan efek internet pada kegiatan keaksaraan awal telah mengeksplorasi apakah internet menawarkan kesempatan belajar yang disengaja dan tidak disengaja, dan dampak internet pada keaksaraan awal masih belum sepenuhnya dipahami (Coiro, Knobel, Lankshear, & Leu, 2008). Akses mudah pada tontonan yang ilegal, kekerasan, dan konten seksual, komunikasi dengan orang-orang berbahaya, dan ketergantungan berlebihan pada game hanya merupakan beberapa dari risiko signifikan ini (Iscibasi, 2011).

4. Video Game

Meskipun banyak yang telah ditulis tentang efek video game pada anak-anak dan remaja, ada sedikit pekerjaan yang dilakukan tentang efek video game pada anak kecil (Bailey, West, & Anderson, 2011). Video game kekerasan Mustafaoğlu, Zirek, Yasacı, Razak zdinçler / Efek Negatif Penggunaan Teknologi Digital pada Perkembangan Anak dapat menyebabkan anak berperilaku agresif dan menghambat permainan kreatif (Provenzo, 1992). 

Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kekerasan dalam video game dan kekerasan pada kehidupan nyata, dan bahwa permainan ini menyebabkan isolasi sosial dan kurangnya komunikasi dan komunikasi dengan anak-anak (Kutner & Olson, 2008).

5. Smart Phone

Peningkatan penggunaan smartphone telah dilaporkan terkait dengan pasif agresif, tidak terlindungi, ketidakcocokan sosial, obsesi, kecanduan, dan kecemasan. Telah dilaporkan bahwa anak-anak yang terlibat dengan smartphone mereka selama sekolah secara negatif mempengaruhi perhatian mereka sendiri dan teman sekelas mereka (Sevi, Odabaşıoğlu, Genç, Soykal, & Ozturk, 2014; Yen et al., 2009).

6. Permainan Digital

Ketika mainan digital berkembang biak dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari anak-anak, penggunaan taman bermain di luar ruangan yang semakin terbatas dapat berdampak negatif terhadap perkembangan normal anak-anak. Untuk perkembangan normal, anak perlu menghabiskan waktu bersama teman sebayanya (Rosen et al., 2014).

Nah, itulah paparan singkat tentang pengaruh alat-alat teknologi untuk anak. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Terima kasih telah berkunjung di blog Suryadisabilitas. Sampai jumpa lagi pada tulisan-tulisan yang menarik lainnya.

Artikel ini adalah review singkat dari sebuah artikel yang berjudul "The Negative Effects of Digital Technology Usage on Children’s Development and Health" yang ditulis oleh Mustafaoğlu, Zirek, Yasacı, dan Özdinçler tahun 2018.

Silahkan klik link berikut untuk membaca artikel selengkapnya

https://www.researchgate.net/profile/Rustem-Mustafaoglu/publication/325263798_The_Negative_Effects_of_Digital_Technology_Usage_on_Children's_Development_and_Health/links/5b027b564585154aeb061acf/The-Negative-Effects-of-Digital-Technology-Usage-on-Childrens-Development-and-Health.pdf.

Post a Comment for "Teknologi dan Pengaruhnya pada Anak"