Cara Mengajar Anak Mengaji Iqro

Salah satu amalan ibadah yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya adalah mengajarkan Al-Qur’an. Belajar mengaji iqro dapat diajarkan kepada anak sejak dini. Hal ini karena Iqro sangat mudah dipahami karena mudah dibaca.

Metode Mengajar Anak Mengaji Iqro
Sumber gambar: parenting.dream.co.id
Meski begitu, tetap diperlukan cara khusus agar anak-anak bisa membaca huruf Arab dalam Iqro. Ikro adalah salah satu langkah dasar dan fondasi kuat yang diinginkan setiap orang untuk bisa membaca Al-Qur’an. Kebiasaan belajar iqro biasanya berlangsung pada usia dini.

Iqro adalah sesuatu yang harus dipelajari sebelum kita bisa mulai membaca Al-Qur'an. Ikro adalah dasar utama untuk mempelajari Al-Qur'an. Karena sebelum Anda mulai membaca Al-Qur'an, Anda harus terlebih dahulu mengetahui huruf-huruf Hijaiyah. Sedangkan untuk memudahkan membaca Al-Qur'an, belajar membaca Iqro terlebih dahulu harus diturunkan.

Mengaji Iqro sebaiknya dilakukan sejak dini, mengingat kecerdasan anak-anak masih lebih tajam dibandingkan dengan orang dewasa.

Anak-anak dapat dengan mudah menghafal dan memahami huruf hijaiyah. Sejak saat itu, bahasa anak-anak masih fleksibel sehingga mereka bisa mengucapkan setiap huruf lebih mudah daripada orang tua seperti kita. Namun banyak orang tua yang mengeluh karena sangat sulit mengajarkan anak membaca Iqro. 

Banyak orang tua yang bertanya tentang cara mengajar anak mengaji Iqro serta strategi yang jitu dalam mengajarkan anak mengaji Iqro dengan mudah dan cepat.

Mengajar mengaji iqra untuk anak bukanlah sesuatu yang gampang, karena orang tua harus tau metode mengajar iqra pada anak. Ajaran amalan dalam Islam atau tata cara beribadah harus diamalkan sejak dini. Hal ini karena di masa kecil, anak-anak seperti spons yang dapat menyerap semua pembelajaran.

Salah satu ritual penting yang harus diajarkan oleh setiap orang tua kepada anak-anaknya adalah Al-Qur’an. orang tua bisa mengajari si kecil membaca Iqro dulu.

Iqro seringkali lebih mudah dipahami karena cenderung lebih mudah dibaca. Namun tetap diperlukan cara khusus agar anak dapat membaca huruf arab dengan baik.

Tentunya orang tua juga harus sabar mengajari anaknya membaca iqro.

Berikut ini suryadisabilitas.com akan berbagi pengetahuan tentang cara mengajar anak mengaji iqra dari berbagai sumber.

Adapun beberapa metode cara mengajar anak mengaji iqra adalah sebagai berikut:

1. Perkenalkan huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan

Anak-anak menyukai sesuatu yang dimulai dengan kesenangan. Jadi orang tua harus mengenalkan huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan.

Misalnya dengan menggunakan gambar huruf hijaiyah yang berbeda warna. Kemudian tempelkan di dinding kamar atau di ruang bermain agar anak-anak dapat dengan mudah mempelajarinya.

Bangun juga silaturahmi secara bertahap tentang pentingnya mengaji atau membaca Iqro. Setelah Anda mengetahui semua ini, si kecil Anda akan semakin bersemangat untuk belajar.

2. Ulangi huruf hijaiyah setiap hari

Seringkali anak-anak perlu belajar sesuatu berulang-ulang. Untuk itu, ibu harus mengulang setiap langkah agar si kecil bisa membaca dengan mudah.

Buatlah program khusus mengaji Iqro atau membaca huruf hijaiyah dengan memanfaatkan waktu bermain anak. Misalnya, tiba-tiba menunjukkan huruf hijaiyah dan meminta anak untuk menebak. Lakukan metode ini konsisten setiap hari.

3. Gunakan kata-kata khusus saat belajar

Kata khusus yang digunakan dalam hal ini adalah mengganti bunyi huruf hijaiyah dengan kata benda atau kata kerja. Misalnya huruf A diubah menjadi awan, huruf b diubah menjadi balon, atau huruf T diubah menjadi tali.

Orang tua juga bisa menggunakan gambar sesuai deskripsi dalam mengajar anak mengaji Iqro.

Penggunaan kata atau kata ganti dalam setiap hijaiyah membantu anak-anak untuk berkonsentrasi dan mengingat dengan lebih mudah. Ketika anak belajar membaca Al-Qur’an, ibu mungkin mengingatnya dengan kata-kata atau kata-kata.

4. Buat strategi belajar yang menyenangkan untuk anak-anak

Cara belajar yang menyenangkan akan membuat anak lebih bahagia. Jadi belajar mengaji dan membaca Iqro akan menyenangkan bagi anak-anak yang biasanya serius atau berusaha dengan keras dan sungguh-sungguh dalam belajar.

Orang dapat mengajari anak Al-Qur’an menggunakan metode tanya jawab. Dengan menunjukkan huruf hijaiyah dan menanyakan bagaimana cara memanggil si buah hatil. Ulangi beberapa kali, koreksi jawaban yang salah dan hadiahi jawaban apabila ia menyebutnya dengan enar.

Lihat dan coba berbagai metode mengajar anak mengaji Iqro sampai orang menemukan yang paling cocok dan nyaman untuk anak Anda.

5. Memanfaatkan teknologi untuk belajar Al-Qur’an

Ketersediaan teknologi memudahkan mereka untuk mendukung berbagai aktivitas. Tidak ada perbedaan dalam pendidikan anak. Orang tua bisa menggunakannya. Melalui media widget juga dapat digunakan untuk mengajarkan mengaji Iqro kepada anak-anak kecil.

Misalnya dengan mengklik aplikasi Iqro digital dengan berbagai contoh menakjubkan untuk membantu anak-anak belajar huruf-huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan. 

Dalam aplikasi terdapat beberapa pilihan sebagai metode mengajar anak mengaji Iqro, seperti misalnya tersedianya boneka untuk semakin meningkatkan semangat dan kemampuan membaca anak dalam mengaji Iqro.

Ada juga banyak video pendidikan di Internet tentang hijaiyah. Dengan ilustrasi dan iringan favorit anak-anak.

Namun, tetap memantau dan mengawasi saat anak-anak menggunakannya widget, Iya. Beri juga anak batas waktu agar tidak kecanduan.

Demikianlah 5 metode mengajar anak mengaji Iqro yang mungkin dapat bermanfaat bagi orang tua.

Pada pendapat lain yang dikutip dari kiddo.id menjelaskan bahwa sejak usia dini, anak-anak belajar Iqra dengan orang tua mereka.

Mengajarkan anak membaca Iqro sejak usia dini sangat penting untuk membentuk perilaku mereka.

Masih ingat umur Mama Papa saat menyelesaikan Al-Qur’an? Buah hati kita seharusnya menjadi sumber kebanggaan ketika dia menyelesaikan Al-Qur’an sejak usia dini, bukan? Jadi, agar si kecil bisa hafal Al-Qur’an sejak dini, ayah bunda harus mengajari si kecil membaca Iqro sejak dini. Namun bagaimana jika anak sulit atau tidak mau belajar?

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips praktis untuk membantu si kecil belajar membaca Iqro dengan benar. Berikut 10 Teknik Awal Mengajar Anak Mengaji Iqro dengan Benar.

Ayo, mari kita mulai!

1. Perkenalkan Islam dari isinya

Membaca Al-Qur'an bersama pasangan karena anak masih dalam kandungan. Jadilah contoh yang baik dari rajin membaca Al-Qur’an saat anak masih dalam kandungan.

Ayah bunda perlu memahami perumpamaan “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Atau jika “Perilaku anak tidak akan jauh dari perilaku orang tua.”.

Nah, kalau si kecil ingin bertakwa itu artinya bayi masih dalam kandungan, jadi bunda harus mulai meniru sikap para wali!

Jadi bagaimana ayah bunda bisa menjadi contoh yang baik untuk yang lebih muda?

Cara termudah adalah dengan mengamalkan Al-Qur’an, mengajarkan tentang adzan, solat, baik dari dalam kandungan hingga bayi lahir dan tumbuh dewasa. Dan satu lagi, jangan memberi contoh buruk di depan si kecil! Bunda harus ingat bahwa anak meniru apa yang dilakukan orang tua.

2. Memperkenalkan huruf hijaiyah

Belajar huruf-huruf hijaiyah semudah belajar abjad lo bun. Bahkan, ketika saya masih kecil, saya lebih suka belajar huruf hijaiyah. Belajar membaca IU EO.

Bahkan, sejak Ayah mulai belajar membaca, dia sudah bisa mengajari huruf hijaiyah. Biasanya saat bayi berusia 3-4 tahun.

Nah, ayah bunda bisa mengenalkan huruf dan hijaiyah sekaligus. Dan, cara termudah untuk mengenali huruf hijaiyah adalah dengan belajar menyanyi.

Bunda bisa menonton video huruf hijaiyah di Youtube. Jika si kecil bernyanyi tentang huruf hijaiyah setelah mandi setiap sore, si kecil pasti akan cepat mengingatnya!

3. Selalu mengulang-ulang huruf hijaiyah setiap hari.

Bunda, apakah Anda benar-benar bosan ketika anak laki-laki Anda meminta Anda untuk memutar lagu itu di Youtube? Ibu tidak boleh bosan! Itu tandanya si kecil punya selera musik.

Nah, yuk cari tahu ayah bunda yang lagi cari lagu tentang huruf hijaiyah, ada yang suka sama si kecil? Tentu saja, jika ada yang Anda suka, lagu itu akan terus diputar, dan setelah beberapa saat Anda akan mengingat huruf hijaiyah.

Dan kalau sudah hafal, coba tes ayah bunda untuk si kecil misalnya huruf hijaiyah setelah Alif atau gimana? Jika si kecil lupa, putar kembali lagu tersebut.

Pasti menyenangkan memainkan game-game ini bersama-sama si buah hati!

4. Berikan Bentuk pada huruf hijaiyah

Ketika saya belajar huruf hijaiyah, saya selalu ingat bahwa huruf “Jim” berbentuk gajah karena keduanya memiliki perut yang gemuk. Dia ingat Hehe karena dia ingat huruf “Jim”.

Bahkan, Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengingat format surat Hijaja yang ditulis oleh Mama Papa kepada si bungsu.

Misalnya, “Alif” seperti tongkat, “Ba” adalah perahu, dan “Tsa” adalah perahu dengan tiga penumpang.

Teknik ini akan membantu si kecil mengingat huruf hijaiyah dengan teknik visual. Jauh lebih mudah untuk mengingat bentuk huruf hijaiyah ketika Anda menempelkannya pada suatu benda.

5. Belajar melalui permainan

Siapa yang tidak suka bermain game di sini? Bukan hanya itu, Ayah juga suka bermain game, kan? Bermain game itu menyenangkan, dan memiliki manfaat. Ibu dan Ayah dapat menggunakan permainan untuk belajar membaca orang kecil.

Sekarang Iqro sedang belajar, contoh paling sederhana dari bermain game adalah menggunakan kartu flash.

Flash card adalah kartu dengan karakter di setiap lembarnya.

Sekarang ayah bunda bisa membeli flashcard, terutama yang berhuruf hijaiyah. Nantinya, Bunda bisa menggunakan flash card tersebut untuk bermain tebak-tebakan bersama si kecil.

Asyik dan dijamin cepat diingat!

6. Belajar menyanyi

Generasi sekarang sangat beruntung karena banyak sekali pilihan lagu anak-anak. Salah satu metode mengajar anak mengaji Iqra adalah dengan bernyanyi. Metode ini akan mengdongkrat semangat anak untuk berekspresi.

Plus, Anda dapat mendengarkan lagu kapan saja dan di mana saja. Mulai dari TV, HP atau bahkan saat berkendara. Jadi inget, kalau mau dengerin lagu waktu kecil harus beli kaset dulu dan pilihannya tidak banyak.

Nah, lagu anak-anak ini banyak banget kan, ada beberapa lagu anak-anak ini yang disukai si kecil?

Bagi anak-anak saya, judul tersebut mempengaruhi saya dalam lagu huruf hijaiyah Nusa Rara. Lagu ini sangat bagus! Aku mencintainya, bukan hanya anakku. Kakak laki-laki juga bernyanyi bersama!

7. Mengajarkan anak sejarah Al-Qur’an

Dari semua buku yang saya baca di rumah, saya suka membaca kisah Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) sebagai seorang anak. Menurut saya, kisah para nabi memiliki banyak pelajaran.

Sejak kecil, saya menyukai kisah Nabi Sulaiman, yang berbicara dengan binatang. Dan, tentu saja, kisah Nabi Muhammad dong.

Saya menyukai kisah nabi karena sering diceritakan kepada ibu saya Papa setelah sholat Maghrib. Terkadang saya meminta agar cerita itu diulang sebelum saya tidur.

Mungkin anda bisa mengikuti pengalaman saya, karena ketika si kecil tertarik dengan kisah nabi, dia akan membacanya sendiri dan akhirnya belajar membacanya.

Tidak hanya kisah yang indah untuk dipelajari dari sejarah para nabi, tetapi si kecil juga dapat belajar alfabet!

Gampang kok, Pastikan si kecil senang membaca buku.

Bunda bisa memilih cerita nabi mana yang paling menarik untuk ditonton si kecil. Nanti kalau si kecil sudah selesai hafalan cerita, coba ceritakan lagi ke Mama Papa.

8. Ikuti kursus membaca

Salah satu hal yang sangat saya rindukan saat kecil adalah pergi ke TPA setiap sore. Di sana saya belajar Al-Qur’an dan bertemu teman-teman saya.

Begitu pulang dari Al-Qur’an, kami biasa bersepeda bersama. Indahnya mengingat masa-masa itu.

Pengalaman saya bisa sedikit berlebihan. Ibu harus memikirkan untuk menyekolahkan si kecil karena mungkin Ayah terlalu sibuk untuk mengajar secara langsung.

Dulu, Mama Papa bisa mengajarkan Al-Qur’an langsung ke TPA yang lebih muda. Tapi sekarang, karena pandemi, mereka tidak bisa. Tapi Bunda, jangan khawatir, si kecil tetap bisa belajar Al-Qur’an secara online.

Apalagi sekarang ini banyak sekali pilihannya, tersedia kursus ngaji online. Salah satunya adalah Kido!

Di Kido Mama, orang bisa memilih pengajaran Al-Qur’an sesuai dengan kebutuhan minimalnya. Ibu bisa memilih Papa Bacaan pribadi, Iqro atau membaca Al-Qur’an, Bahkan saat mengambil Departemen Akuntansi! Wow, ada begitu banyak pilihan dan itu bagus!

9. Cobalah untuk menggunakan teknologi yang berbeda

Waktu kecil, Mama Ekpa belajar membaca apa? Tentu saja jawabannya hanya ada di kitab Iqro.

Hal ini sangat berbeda hari ini. Dulu, Mama dan Papa Iqro tidak punya banyak pilihan selain belajar. Bagaimana kalau hari ini? Wah, banyak banget ya, Moms!

Anak-anak sekarang dapat belajar menggunakan Youtube, aplikasi di ponsel mereka dan bahkan menggunakan Quran untuk membuat audio.

Ada begitu banyak pilihan, Mommy Daddy harus mencoba semuanya! Anak kecil suka nonton Youtube gak? Itu sebabnya Ibu menggunakan YouTube untuk belajar membaca.

Anak-anak suka bermain game, bukan? Sekarang Ibu bisa mengajarinya belajar Al-Qur’an sambil bermain game di aplikasi di ponselnya.

10. Memahami Makna Al-Qur’an

Belajar membaca Al-Qur'an di rumah bersama orang tua. Ajak anak belajar Al-Qur’an dan tingkatkan manfaat menjadi anak yang baik.

Pada awalnya saya diminta untuk pergi ke Al-Qur’an dan saya marah. Saya dulu ditegur oleh ibu saya sebelum pergi ke Al-Qur’an. Tapi sekarang saya punya anak, saya mengerti pentingnya Al-Qur’an.

Belajar dari pengalaman saya, Mama Papa seharusnya bisa memberikan pemahaman kepada anak kecil tentang pentingnya membaca Al-Qur’an. Mom dan Dad perlu menyadarinya sejak dini, “Mengapa saya harus merindukan Al-Qur’an?”

Jawaban paling sederhana adalah karena agar menjadi anak yang soleh. Dan anak yang soleh akan disayang oleh Allah SWT. Tanamkan hal-hal positif ini ke buah hati sejak dini. 

Efeknya mungkin tidak langsung terasa, tapi nanti saat si kecil mulai beranjak dewasa, dia akan merasakan manfaatnya.

Jika si kecil sedang tumbuh besar mempelajari Iqro, jangan sungkan untuk berterima kasih kepada Ayah Bunda. Anak laki-laki itu suka dipuji. Dan sudah pasti si kecil akan semakin rajin belajar Iqro. Kalau si kecil rajin dan pintar, Mama Papa pastinya akan bangga banget ya.

Pada pendapat lain yang dikutip dari Hamil.co.id dijelaskan bahwa ada 7 cara mengajarkan anak membaca atau mengaji Iqro dengan cepat, yaitu sebagai berikut:

1. Diajarkan oleh guru atau ustaz yang sangat memahami Al-Qur’an

Salah satu cara mengajarkan Al-Qur’an kepada anak usia 2 tahun, termasuk membaca Iqro, harus diperhatikan dengan seksama. Yang terpenting adalah siapa yang mengajari anak membaca Iqro. Ada dua masalah: mendidik diri sendiri atau memanggil guru Al-Qur’an ke rumah Anda. Semua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Anak-anak sering merasa kesulitan untuk mengajar sendiri karena anak-anak merasa bahwa mereka memiliki metode pengajaran yang berbeda ketika orang tua mengajar. Jika demikian, orang dapat memanggil guru Al-Qur’an tetapi orang tua tetap harus menemani dan mengawasi prosesnya.

2. Ulangi setiap hari

Membaca iqro memiliki pendekatan yang berbeda dengan mengajarkan anak membaca. Huruf hijaiyah sendiri bukanlah bahasa sehari-hari biasa sehingga anak-anak sering melupakannya bahkan setelah belajar. Agar anak tidak mudah lupa, Anda bisa mencoba mengulanginya setiap hari. Bentuk pengulangan bisa untuk hal-hal yang dipelajari atau diulang dari awal. Meskipun anak-anak sering terlihat membosankan, ini adalah cara yang efektif.

3. Mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA)

TPA atau Taman Pendidikan Al Quran seperti sekolah biasa tempat Anda bisa membaca Iqro dan Al Quran. TPA biasanya diadakan pada sore hari, yang dapat mengurangi waktu bermain anak-anak. Karena sistem ini seperti sekolah tapi tidak resmi, seringkali anak-anak akan lebih bahagia. Anak-anak belajar Iqro dan memahami lingkungannya. Ini adalah cara mengajar anak-anak untuk meninggalkan rumah tanpa pergi ke sekolah.

4. Belajar bersama orang tua

Banyak anak yang tidak mau belajar Iqro secara rutin karena merasa proses belajarnya lebih rumit. Pengulangan yang sering dan pengulangan terus menerus membuat anak merasa lemah. Lama kelamaan anak akan malas dan tidak mau belajar. Jadi caranya adalah dengan belajar bersama orang tua. Teknik ini bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, terutama saat anak sedang bahagia. Hal ini, pada gilirannya, termasuk cara-cara mengajar anak-anak untuk rajin belajar.

5. Bertanya kepada anak

Bisa jadi sulit jika orang tua terus meminta anak-anak mereka untuk mengingat semua huruf hijaiyah dengan cepat. Anak merasa lebih berat karena merasa tidak bisa mengikuti pelajaran Iqro. Cobalah untuk meminta anak Anda lebih sering untuk mencegah hal ini terjadi. Misalnya, saat makan, arahkan ke satu huruf dan kemudian ke yang lain. Amalan ini mencakup bagaimana mengajarkan anak usia dini segala sesuatu dalam segala hal.

6. Menggunakan Metode Tunjuk

Iqro adalah salah satu cara paling umum bagi anak-anak untuk belajar iqro dengan cepat. Anda bisa mencoba memasang poster berhijab, lalu bertanyalah pada anak sesekali. Pertama, tanyakan bagaimana anak-anak belajar. Kemudian ajukan pertanyaan dengan cara yang sedikit lebih formal agar anak tidak panik.

7. Metode tanya jawab

Metode tanya jawab adalah cara yang baik untuk menguji kemampuan, kecepatan dan efisiensi anak. Anda dapat mencoba mengajukan pertanyaan, mulai dari huruf hijaiyah, panjang bacaan, dan pengucapan kata. Amalan ini memudahkan anak untuk mengingat Iqro, meskipun soal diberikan secara acak.

Di sisi lain sebuah artikel yang berjudul "4 Cara Cepat Belajar Membaca Iqro" yang admin kutip dari narmadi.com menjaleskan bahwa ada 4 metode cara mengajar anak mengaji iqra yang mungkin dapat menjadi tambahan referensi bagi orang tua, yaitu sebagai berikut:

1. Belajar membaca Iqro di TPA

Jika berada di lingkungan masyarakat, belajar membaca Iqro biasanya dilakukan di TPA masjid atau mushola. Hal ini sering terjadi karena orang tua sibuk dan tidak punya waktu untuk mengajarkan Al-Qur'an di rumah kepada anak-anaknya.

Belajar Al-Qur'an juga lebih aman di masjid atau mushola karena dipraktikkan oleh para profesional seperti ulama atau ustadz.

Alasan orang tua beragama dengan latar belakang agama yang terbatas menyekolahkan anaknya ke TPA juga untuk mengajar media sosial.

TPA merupakan tempat yang ideal untuk belajar Al-Qur'an karena umumnya memiliki kurikulum Al-Qur'an yang sistematis.

2. Belajar membaca dengan guru privat

Membaca iqro juga bisa dilakukan dengan memanggil guru pribadi. Cara ini umumnya lebih disukai karena tidak ada mushola atau mushola di daerah tersebut.

Alasan lainnya adalah orang tua tidak ingin anaknya terganggu saat belajar Al-Qur'an, sehingga ingin anaknya belajar lebih dalam.

Memanggil guru les privat bisa digunakan oleh orang dewasa yang ingin belajar Al-Qur'an tetapi tidak malu untuk pergi ke TPA.

Namun, jika ingin memanggil guru privat, satu hal penting yang harus dilakukan, yaitu memperhatikan kualitas gurunya. Apakah guru memiliki kemampuan untuk mengajarkan Al-Qur'an dengan baik dan sabar dan sabar?

3. Belajar belajar Iqro menggunakan media digital Iqro

Karena sekarang semuanya serba canggih, sehingga belajar membaca Iqro bisa dengan mudah dilakukan. Padahal, mengaji bisa dilakukan tanpa guru atau buku karena bisa menggunakan software atau aplikasi Iqro digital.

Selain itu, ada manfaat lain dari belajar Al-Qur'an dengan cara ini, yaitu lebih praktis karena bisa dibawa kemana-mana.

Tutorial iqro online umumnya dilengkapi dengan contoh cara membaca, sehingga meminimalisir kesalahan.

Karakter huruf hijaiyah juga dihadirkan dalam desain yang menarik agar tidak mudah bosan. Keuntungan lainnya adalah gratis untuk diunduh dan mudah digunakan.

4. Belajar membaca Iqro bersama saudara atau orang tua

Belajar membaca Iqro bersama saudara atau orang tua pasti menyenangkan. Karena anak lebih mudah berkomunikasi dan belajar dari orang yang mereka kenal, mereka tidak malu, cemas, atau takut.

Namun, harus dipastikan bahwa kerabat atau orang tua memiliki pengetahuan Al-Qur'an yang baik. Dari segi biaya, belajar mengaji Iqro dengan saudara atau orang tua juga lebih hemat karena tidak perlu memanggil guru les privat.

Ternyata ada banyak cara mengajarkan anak membaca iqra dengan cepat. Setiap anak memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda-beda. Anda bisa mencoba memilih metode yang paling sesuai dengan kemampuan anak Anda. Semoga bermanfaat ya

Post a Comment for "Cara Mengajar Anak Mengaji Iqro"