5 Keterampilan Sederhana Untuk Anak Autis

Keterampilan sederhana untuk anak dengan autisme berikut ini sangat penting untuk diajarkan sejak usia dini. Anak autis adalah anak dengan masalah sosial dan komunikasi yang serius yang memerlukan layanan dan pendidikan khusus untuk meningkatkan keterampilannya.

Keterampilan Sederhana Untuk Anak Autis

5 Keterampilan Sederhana Untuk Anak Autis
Sumber gambar: nbcnews.com
Tujuan dari pelatihan keterampilan adalah agar anak autis mampu melakukan kegiatan-giatan yang mendasar. Jadi apa saja keterampilan sederhana yang perlu dikuasai anak autis? Berikut penjelasan lengkapnya.

Cuci Tangan

Keterampilan sederhana pertama dari autisme adalah mencuci tangan. Mencuci tangan adalah proses membersihkan tangan setelah melakukan suatu tindakan atau sebelum memulai suatu tindakan. Pekerjaan ini sangat penting untuk menjaga kebersihan yang baik dan mencegah penularan penyakit.

Dalam kegiatan ini, anak-anak bisa diajari menyalakan keran, menuangkan sabun, mencuci pakaian, mencuci dan membersihkan peralatan makan.

Makan dan Minum

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Tanpa makanan kita tidak bisa bertahan hidup. Untuk itu, anak dengan autisme juga perlu dilatih makan sejak dini agar tidak menjadi tergantung pada orang lain. Dalam kegiatan ini, anak-anak dilatih untuk menangani peralatan makan, minum, dan membersihkan diri.

Memakai Sepatu

Keterampilan sederhana berikutnya adalah memakai sepatu. Keterampilan ini penting untuk melindungi kaki anak dari benda tajam, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Mengenakan sepatu biasanya dilakukan oleh anak-anak sebelum mereka pergi ke sekolah. Oleh karena itu, sedini mungkin anak harus dilatih dalam kegiatan ini agar nantinya dapat mengurangi beban orang tua.

Mandi

Mandi adalah proses membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran. Dengan mandi, seseorang akan segar dan rileks. Oleh karena itu, sejak dini anak perlu dilatih untuk menjadi mandiri. Status praktik mandi tersebut meliputi menanggalkan pakaian, menggosok gigi, keramas, keramas, menggunakan handuk, berpakaian.

Membereskan atau Merapikan Tempat Tidur

Langkah terakhir adalah merapikan tempat tidur. Proses ini, meskipun sederhana, penting untuk perkembangan anak. Kegiatan ini melatih anak untuk berperilaku bertanggung jawab dan melatih kedisiplinan anak. Di sini anak-anak bisa diajari melipat selimut, dan menata bantal dan guling.

Demikianlah 5 keterampilan sederhana untuk anak autis yang perlu dilatih atau diajarkan oleh orang tua. Tidak mudah dalam mendidik anak, pastinya orang tua dituntuk untuk bersikap sabar dan konsisten. Yang penting adalah menggunakan evaluasi pekerjaan (tugas dibagi menjadi beberapa bagian) untuk mempermudah. Kemudian mengajar dari yang sederhana sampai hal yang kompleks.

Post a Comment for "5 Keterampilan Sederhana Untuk Anak Autis"