Dosen ini Bagi Trik Jitu Pembelajaran Matematika Anak Autis

Dr. Sabaruddin Dahlan dkk. melakukan sebuah penelitian yang berjudul Student with special needs and mathematics learning: A case study of an autistic student. Penelitian ini adalah terkait tentang pembelajaran Matematika untuk anak autis.

Dosen ini Bagi Trik Jitu Pembelajaran Matematika Anak Autis

Menurut Dr. Sabaruddin, setiap anak memiliki cara belajar mereka masing-masing, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Sebenarnya tidak ada satu metode khusus untuk mengajarkan matematika kepada anak autis, sama seperti kita mengajar anak pada umumnya. Namun beberapa persiapan proses pembelajaran akan muncul berdasarkan hasil dari identifikasi dan asesmen.

Identifikasi dan asesmen sangatlah penting untuk melihat tingkat kemampuan dan kebutuhan anak dalam proses pembelajaran. Hasil dari identifikasi dan asesmen bukanlah untuk menjustifikasi ketunaan/ hambatan seorang anak, namun ia akan sangat membantu guru dalam menyiapkan sebuah rancangan pembelajaran berdasarkan kebutuhan yang diperlukan oleh anak.

Beberapa trik menarik pembelajaran matematika untuk anak autis yang dibagikan oleh Dr. Sabaruddin, yaitu: 
  • Melakukan identifikasi dan asesmen.
  • Memanfaatkan gaya belajar visual-spasial anak dengan menggunakan alat pengajaran multimedia yang beragam.
  • Buat daftar fakta matematika sehingga anak dapat dengan mudah merujuknya kapan pun mereka butuhkan.
  • Materi pelajaran matematik yang disajikan dalam bentuk pembelajaran kontekstual dengan memberikan contoh langsung kepada anak.
  • Dalam pembalajaran, hadapkan anak kepada objek nyata.
  • Ajarkan konsep matematika melalui contoh visual dan cocokkan dengan instruksi verbal atau nonverbal.
  • Guru harus konsisten untuk mengulang-ulang instruksi dan penjelasan yang diberikan.
  • Pemilihan warna dalam media pembelajaran juga harus menjadi perhatian penting, karena anak autis sangat sensitif atau bahkan tidak responsif terhadap rangsangan-rangsangan dari sensoris/ indera.
  • Jadikan pengajaran matematika menyenangkan dengan bermain game menggunakan kartu flash dan aplikasi digital online.
  • Dalam penyusunan soal, gunakan format pilihan ganda daripada pertanyaan yang membutuhkan jawaban “ya” atau “tidak”.
  • Buat suasana belajar bersahabat dan menyenangkan. Biasanya anak autis akan melihat dulu dan memperhatikan dengan seksama baru selanjutnya mereka akan membuat sebuah keputusan, tertarik untuk belajar atau malah sebaliknya tidak menunjukkan respon atau malah “memberontak” untuk belajar.
  • Berikan pujian sesering mungkin agar siswa tetap termotivasi.
Dr. Sabaruddin mengatakan bahwa rintangan dalam menjalankan proses pembelajaran bagi anak autis pasti akan dihadapi semua guru, berikan mereka banyak cinta dan kesabaran, Insha Allah, Allah akan memberi solusi terbaik untuk anak-anak spesial ini. Biarkan kemampuan, kelemahan, kebutuhan, dan kondisi anak menjadi panduan bagi kita, agar kita dapat membawa dan mengajarkannya sejauh yang ia mampu. Ini juga akan mengasah kemampuan seorang guru agar terus mencari dan menggali kemampuan serta pengetahuannya untuk menemukan ide-ide jitu dalam menciptakan sebuah pembelajaran yang maksimal bagi anak. 

Sabaruddin Dahlan, Ph.D adalah dosen di IAIN Langsa dan merupakan alumni Sarjana Pendidikan Matematika UIN Ar-Raniry, Magister Sains Matematika ITS Surabaya, dan Doctor of Philosophy bidang Matematika Sultan Idris Education University, Malaysia. Selain itu beliau pernah menjabat Kepala Perpustakaan IAIN LANGSA dan sekarang sebagai Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu IAIN Langsa.

Download artikel Sabaruddin Dahlan, Ph.D dkk. 

Student with special needs and mathematics learning: A case study of an autistic student

Dr. Sabaruddin Dahlan dkk. Terbitkan Jurnal Pembelajaran Matematika Anak Autis

Post a Comment for "Dosen ini Bagi Trik Jitu Pembelajaran Matematika Anak Autis"