Pentingnya Program Transisi Kerja bagi Peserta Didik Disabilitas

Program transisi kerja merupakan program yang diberikan kepada peserta didik disabilitas/ berkebutuhan khusus menjelang berakhirnya masa pendidikan di satuan pendidikan.

Pentingnya Program Transisi Kerja bagi Peserta Didik Disabilitas
Sumber gambar: missluluspecialed.com
Program kesiapan menghadapi dunia kerja dirancang agar peserta didik dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Bagi peserta didik disabilitas yang sudah terbiasa dengan lingkungan sekolah yang inklusif akan mendapat keuntungan, karena selama masa pendidikan peserta didik yang bersangkutan selalu dan selamanya berada di lingkungan yang natural. 

Baca juga: Pentingnya Peran Dunia Industri dalam Pengembangan Life Skill (Vokasional) Peserta Didik Disabilitas

Menjelang berakhirnya keterlibatan peserta didik disabilitas di sekolah, maka sekolah perlu menyediakan pembekalan khusus kepada yang bersangkutan. 

Pembekalan, tentu didasarkan pada hasil asesmen terakhir. Berbagai program pembekalan dapat dirancang oleh sekolah dengan melibatkan semua pihak, antara lain orang tua, terapis, dokter, perwakilan dunia usaha dan dunia kerja (industri), dan lain sebagainya. 

Baca juga: Pentingnya Peran Dunia Usaha dalam Pengembangan Skill (Vokasional) bagi Peserta Didik Disabilitas

Program transisi diarahkan pada penguasaan keterampilan tertentu yang didasarkan pada potensi dan passion peserta didik yang bersangkutan. 

Bagi peserta didik disabilitas yang memiliki potensi di bidang modeling misalnya, dapat diarahkan untuk belajar menjadi model dengan bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang entertainment. 

Peserta didik disabilitas yang memiliki passion di bidang pemprograman komputer, artifisial intelegent, atau komputasi bisa bekerja sama dengan perusahaan atau seorang profesional di bidang tersebut. 

Nah, demikianlah penjelasan tentang  pentingnya program transisi kerja bagi peserta didik disabilitas. Semoga bermanfaat ya.

Terima kasih karena selalu setiap bersama www.suryadisabilitas.com

Sumber: Bahan Bacaan Narasumber dan Instruktur Program Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus Tahun 2020.

Post a Comment for " Pentingnya Program Transisi Kerja bagi Peserta Didik Disabilitas"