Pentingnya Peran Dunia Usaha dalam Pengembangan Life Skill (Vokasional) Peserta Didik Disabilitas

Dunia usaha adalah sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kondisi ekonomi seseorang, dan ianya memerlukan sebuah keterampilan agar dapat mengatur dan menjalankan sebuah usaha yang dijalankan. Dunia usaha berkaitan dengan berbagai usaha yang melibatkan fungsi-fungsi sosial dan ekonomi.

Sumber gambar: cericleeds.wordpress.com
Dunia usaha meliputi usaha-usaha perdagangan, perbankan, dan berbagai usaha perkantoran lainnya. Bersamaan dengan peningkatan kepedulian dan keinginan untuk melibatkan lebih banyak penyandang disabilitas dalam berbagai aktivitas bisnis (usaha). Pelibatan penyandang disabilitas dalam berbagai kegiatan usaha disesuaikan dengan potensi dan kekhasan mereka. 

Baca juga: Pentingnya Peran Dunia Industri dalam Pengembangan Life Skill (Vokasional) Peserta Didik Disabilitas

Penyandang disabilitas yang lebih peka terhadap rasa, sering dijumpai di café-café atau restoran-restoran. Suatu saat kita memperoleh informasi tetang penyandang disabilitas yang mempu secara jeli membedakan kualitas rasa kopi di perusahaan kopi terbaik di dunia.

Dunia usaha memang sangat memungkinkan melibatkan berbagai penyandang disabilitas, meski memang harus memperhitungkan kondisi dari setiap penyandang disabilitas. 

 
Penyandang disabilitas netra misalnya, atau seseorang yang memiliki hambatan penglihatan, memungkinkan untuk bekerja di bidang jasa, misalnya sebagai penerima telpon atau operator jasa telekomunikasi.

Seorang penyandang disabilitas rungu, atau seseorang yang memiliki hambatan pendengaran, memungkinkan bekerja sebagai akuntan, pembukuan, dan bidang administrasi lainnya. Karena biasanya, secara fisik dan intelektual, penyandang disabilitas rungu dan wicara tidak memiliki hambatan. 

Sumber: Bahan Baca Narasumber dan Instruktur Program Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus Tahun 2020.

Post a Comment for " Pentingnya Peran Dunia Usaha dalam Pengembangan Life Skill (Vokasional) Peserta Didik Disabilitas"