Pendidikan Inklusif Sebagai Akses Kesetaraan Pendidikan untuk Disabilitas

Seperti biasa sebelum pulang kerja, admin selalu membaca sebuah artikel menarik seputar pendidikan anak, terutama isu-isu terhangat tentang pendidikan inklusif.

Pendidikan Inklusif Sebagai Akses Kesetaraan Pendidikan untuk Disabilitas

Hari ini admin membaca sebuah artikel menarik tentang pendidikan inklusif sebagai sebuah akses kesetaraan pendidikan untuk para anak-anak berkebutuhan khusus/ peserta didik penyandang disabilitas.

Baca juga: Harapan dan Realita Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di Indonesia

Artikel ini berjudul Inclusive Education in Indonesia: Equality Education Access for Disabilities atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan Pendidikan Inklusif di Indonesia: Kesetaraan Akses Pendidikan untuk Disabilitas adalah sebuah artikel yang menceritakan tentang konteks pendidikan inklusif sebagai akses pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus/ penyandang disabilitas. Artikel ini ditulis oleh Satrio Budi Wibowo dan Juhri Abdul Muin.

Dalam abstrak artikel tersebut menjelaskan bahwa berdasarkan data Bank Dunia, satu dari sepuluh orang miskin di seluruh dunia adalah penyandang disabilitas. 


Kemiskinan yang dialami penyandang disabilitas merupakan akibat langsung dan tidak langsung dari pengucilan dan marginalisasi penyandang disabilitas karena adanya stigma dan prasangka tentang disabilitas. Salah satu stigma dan prasangka terhadap penyandang disabilitas muncul di lingkungan pendidikan.

Laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan bahwa 90% dari semua anak penyandang disabilitas di negara berkembang masih belum bersekolah, dan angka melek huruf orang dewasa dengan disabilitas diperkirakan hanya 1% (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Baca juga: Cacat, Handicap, Difabel, Disabilitas, ataukah Tuna

Sejak Indonesia meratifikasi deklarasi Salamanca, tentang akses pendidikan yang setara bagi penyandang disabilitas, beberapa sekolah inklusif mulai didirikan di Indonesia. 

Pemerintah mulai menegaskan bahwa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada dasarnya berhak atas pendidikan sebagai anak normal, tanpa diskriminasi, dengan menempatkan ABK di sekolah luar biasa yang berbeda dengan anak normal.

Artikel ini mencoba mereview berbagai studi mengenai penyelenggaraan sekolah inklusif di Indonesia, untuk mendapatkan gambaran tentang proses penghapusan diskriminasi terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah Indonesia.

Baca juga: Pentingnya Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif

Selanjutnya pada akhir kesimpulan artikel menjelaskan bahwa pendidikan inklusif sebenarnya mampu memberikan kesempatan kepada siswa penyandang disabilitas untuk berkesempatan bersekolah. Keterbatasan jumlah SLB dapat diatasi dengan memperbanyak jumlah sekolah inklusif sehingga siswa difabel di Indonesia memiliki lebih banyak kesempatan untuk bersekolah.

Sekolah inklusif di Indonesia sebenarnya bisa menjadi solusi atas marjinalisasi penyandang disabilitas untuk mendapatkan akses ke pendidikan umum. Namun, beberapa penelitian menemukan masih banyak kendala dalam menyelenggarakan sekolah inklusif ideal di Indonesia.

Keterbatasan sarana, prasarana, dan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah-sekolah di Indonesia menjadi salah satu faktor negatif penerapan sekolah inklusiff di Indonesia.

Baca juga: 3 Prinsip Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan perhatian serius pemerintah Indonesia dalam mengelola pendidikan inklusif, diharapkan sekolah inklusif dapat menjadi sekolah ideal yang mampu memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan layanan pendidikan sebagaimana layaknya individu normal.

Silahkan sobat baca dan download artikel Inclusive Education in Indonesia: Equality Education Access for Disabilities pada link berikut https://knepublishing.com/index.php/Kne-Social/article/view/2351/5196#citations atau juga sobat boleh akses ke https://www.researchgate.net/publication/326259393_Inclusive_Education_in_Indonesia_Equality_Education_Access_for_Disabilities

Semoga bermanfaat ya sobat. Terima kasih telah setia bersama Surya Disabilitas.

Post a Comment for "Pendidikan Inklusif Sebagai Akses Kesetaraan Pendidikan untuk Disabilitas"