Kiat-Kiat Pelaksanaan Belajar dari Rumah bagi Peserta Didik Disabilitas Netra

Hai sobat pembelajar.

Kali ini www.suryadisabilitas.com akan berbagi kiat-kiat pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) bagi peserta didik disabilitas netra di masa pandemi Covid-19.

Kiat-Kiat Pelaksanaan Belajar dari Rumah bagi Peserta Didik Disabilitas Netra
Sumber gambar: m.tribunnews.com


Apa-apa saja kiat-kiat?
  1. Memastikan ketersediaan alat bantu pembelajaran yang memenuhi azas keamanan bagi peserta didik penyandang disabilitas netra (PDPDN) seperti misalnya tidak ada bagian yang tajam atau runcing, dan tidak melenting jika dimanipulas) serta unsur pembeda mudah dikenali melalui perabaan (tingkat keterabaannya cukup tinggi).
  2. Sebelum pembelajaran, guru perlu memberi kesempatan bagi PDPDN untuk mengorientasi alat bantu dan gambar timbul yang akan disajikan hingga bagian-bagian yang rinci. 
  3. PDPDN dengan keterbasan penglihatan tingkat rendah (low vision) dapat mengikuti pembelajaran secara visual, dapat menggunakan alat batu kaca pembesar (magnifier), dapat juga menggunakan pembesaran teks dan gambar dengan warna kontras. 
  4. Materi pembelajaran yang mengharuskan penggunaan naskah Braille, dilengkapi dengan barang tersebut yang dapat diambil di sekolah atau dikirim dari sekolah.
  5. Disediakan buku dalam format dapat dipakai dan dibaca oleh peserta didik, seperti buku braille, audio, dan buku elektronik berformat EPUB 3. Buku-buku dengan format audio dapat diakses melalui laman https:// radioedukasi.kemdikbud.go.id, Buku elektronik berformat EPUB 3 dapat diakses di https://pustaka.mitranetra.or.id.
  6. PDPDN yang memiliki peralatan dan kemampuan teknologi dapat menerapkan pembelajaran secara daring.
  7. PDPDN mutlak membutuhkan pendamping manakala mempelajari konsep dalam matematika dan ilmu pengetahuan alam yang membutuhkan alat peraga. 
  8. PDPDN yang belum mampu memanfaatkan media komunikasi daring atau berada di daerah yang belum tersedia jaringan internet, pembelajaran dapat dilakukan secara luring. Pelaksanaan lurin dapat dilakukan dengan menggunakan (1) Modul belajar mandiri, (2) Pembelajaran melalui TV dan radio dengan pendampingan dari keluarga; dan (3) Guru kunjung.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Terima kasih telah setia bersama www.suryadisabilitas.com.

Sumber: 
Panduan Pembelajaran Bagi Peserta Didik Penyandang Disabilitas Selama Masa Pandemi COVID 19, Kemdikbud, 2010

Post a Comment for " Kiat-Kiat Pelaksanaan Belajar dari Rumah bagi Peserta Didik Disabilitas Netra "