Cara dan Contoh Membuat RPP SLB 1 Lembar

Cara Membuat RPP SLB 1 Lembar
idsch.id

Hai sobat pembelajar. Kali ini kita akan membincangkan tentang Cara Membuat RPP SLB 1 Lembar ya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 ayat 2 dan 4, telah jelasn menyebutkan bahwa anak berkebutuhan khusus (ABK) dapat dikategorikan menjadi:
  1. Anak yang memerlukan pendidikan khusus yaitu seperti mereka yang mengalami kelainan fisik (disabilitas fisik), mental, dan sosial termasuk anak yang memiliki kelainan ganda, serta anak yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa. Keduanya sangat memerlukan pendidikan khusus agar dapat terararh dengan baik dan juga dapat berkembang secara optimal.
  2. Anak yang memerlukan pendidikan layanan khusus, yaitu seperti anak di daerah terpencil, masyarakat adat, anak yang berada di daerah rawan konflik dan bencana baik alam maupun korban peperangan. Pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus menggunakan strategi yang menyesuaikan dengan jenis, karakteristik, dan kebutuhan setiap anak atau dalam istilah lain yaitu membuat Program Pembelajaran Individual (PPI).
Untuk kita ketahui bersama bahwa sebelum menyusun program pembelajaran ada hal penting yang harus diperhatikan oleh guru yaitu guru harus memiliki data lengkap peserta didiknya. 

Baca juga: Download Contoh RPP SLB 1 Lembar Kelas 1 Autis

Data ini adalah daya yang berkaitan dengan karakteristik yang spesifik, kelebihan dan kelemahan, kemampuan atau kompetensi yang dimiliki saat ini, dan juga tingkat perkembangannya.


Karakteristik yang menjurus kepada kondisi spesifik adalah yang berkaitan dengan tingkat perkembangan fungsional anak yang meliputi yaitu tingkat perkembangan kognitif, keterampilan diri, kemampuan bahasa, sensori motor, konsep diri, kemampuan dalam berinteraksi sosial, serta kemampuan kreativitasnya.


Oleh karena itu penting bagi guru untuk melakukan asesmen yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik anak yang spesifik serta menggali secara menyeluruh untuk mengetahui secara jelas kompetensi diri anak. 


Hal ini penting agar program pembelajaran yang akan disusun sesuai dengan kebutuhan individual anak. Jika ini telah terkonsep dengan baik, maka guru akan dapat mengetahui kebutuhan yang perlu dilakukan karena guru telah mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki anak sebagai dasar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan berkembang secara optimal.


Setelah dikeluarkan peraturan penyederhaan RPP menjadi RPP 1 lembar maka seorang guru harus berusaha lebih maksimal untuk membuat suatu pembaharuan baru.

Pada model inspiratif penyusunan RPP 1 lembar khususnya RPP untu anak ABK adalah RPP yang dikembangkan yang disertai dengan hambatan pada tingkat kecerdasannya baik tunggal maupun majemuk. Ada terdapat 5 (lima) model RPP untuk siswa ABK yang disertai hambatan intelektual dengan berbagai bentuk model.

Bava juga: Download Lengkap RPP SLB 1 Lembar 5 Kategori Ketunaan 

Berikut kami bagikan sebuah contih RPP 1 Lember yang merupakan contoh RPP SLB 1 Lembar untuk ABK. Semoga bermanfaat bagi bapak ibu semuanya. 


Sumber: idsch.id

Post a Comment for "Cara dan Contoh Membuat RPP SLB 1 Lembar"