Pentingnya Ketahanan Keluarga Muslim di Aceh

Banda Aceh - Islam memandang bahwa ketahanan keluarga adalah hal yang sangat esensial dan fundamental. Oleh sebab itu keluarga muslim diharapkan dapat menjadi benteng paling tangguh untuk menghadapi berbagai ancaman terhadap masyaakat muslim dewasa ini.

Pentingnya Ketahanan Keluarga Muslim di Aceh
Dr. Rahmadon Tosari, M. Ed

Hal tersebut disampaikan Dr. Rahmadon Tosari, M. Ed saat mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syari'at Islam (kwpsi) di Rumoh Aceh Kuping, Jeulingke, Banda Aceh, Rabu malam, 18 Februari 2021.

Dalam pengajian rutin yang dihadiri kalangan jurnalis, mahasiswa dan masyarakat umum ini, Dr. Rahmadon yang merupakan Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah ini menjelaskan bahwa itulah sebab sehingga Rasulullah Saw menyebutkan bahwa orang yang paling baik adalah yang paling baik dengan keluarganya.

Menandakan bahwa Islam begitu menekankan pentingnya seorang muslim untuk membangun keluarga yang teladan dan harmonis karena dengan cara itu ketahanan keluarga muslim akan kokoh.
Jika ingin mengetahui apakah seseorang baik, maka itu dapat diukur dengan melihat bagaimana hubungannya dengan keluarga.

Oleh sebab itu, Dr. Rahmadon menekankan agar para ayah sebagai pemimpin dalam keluarga diharapkan dapat menjadikan rumahnya laksana "syurga" di dunia. Para ayah juga diharapkan untuk senantiasa menasehati keluarganya dalam semua perkara.

"Untuk para ayah, berikanlah nilai-nilai agama kepada anak-anak dan istri kita. Naehati selalu istrimu supaya selalu dalam ketaatan. Nasehati istrimu supaya dapat selalu menjadi madrasah yang pertama bagi anak-anaknya, " ujar Dr Rahmadon dalam pengajian yang dimoderatori oleh presenter terkenal, Dosi Elfian.

Terkait dengan perkembangan media sosial dewasa ini yang begitu pesat, hal ini menurut Dr. Rahmadon juga tidak jarang merusak ketahanan keluarga muslim dan disini para kepala rumah tangga harus mampu memperkuat ketahanan keluarga.

Oleh: Dr. Rahmadon Tosari, M. Ed,Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah

Post a Comment for "Pentingnya Ketahanan Keluarga Muslim di Aceh"