6 Tips Mencegah Kecanduan Teknologi pada Anak

Apa saja tanda-tanda peringatan kecanduan teknologi? The Department of Child Development, KK Women's and Children's Hospital (KKH) berbagi 6 Tips Mencegah Kecanduan Teknologi pada Anak.
6 Tips Mencegah Kecanduan Teknologi pada Anak
Sumber gambar: cyberspaceandtime.com
Saat memperkenalkan perangkat teknologi genggam kepada anak-anak, orang tua dan pengasuh harus siap memberikan batasan yang jelas terkait penggunaan teknologi.

Game dan aplikasi bahkan aplikasi yang edukatif dirancang untuk menjaga minat pengguna, kecanduan teknologi mungkin terjadi pada anak kecil, terutama mereka yang memiliki gangguan spektrum autisme yang memiliki minat terbatas.

Tanda-tanda ini bisa menandakan kecanduan teknologi

Orang tua harus memperhatikan tanda-tanda berikut:
  • Peningkatan dan penggunaan perangkat yang terus-menerus, yang mengarah ke penarikan sosial.
  • Permintaan yang sering untuk menggunakan perangkat, mengakibatkan kemarahan ketika permintaan ditolak atau perangkat diambil.
  • Pelepasan diri dari aktivitas, seperti memaksa pulang untuk menggunakan perangkat dan menolak melakukan rutinitas sehari-hari yang biasa lainnya (seperti pergi tidur) untuk terus bermain dengan perangkat.
  • Keasyikan berlebihan dengan karakter tertentu yang ditemukan dalam permainan atau video, atau menghabiskan banyak waktu dan sumber daya untuk mereka.
Bagaimana cara mencegah kecanduan teknologi pada anak?

Orang tua dan pengasuh perlu bersiap untuk tidak populer dan memberikan batasan yang jelas bagi anak-anak mereka. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut:

Batasi penggunaan TV, komputer, dan perangkat seluler hingga maksimal 30 menit setiap kali. Pastikan jumlah total waktu layar per hari tidak melebihi rekomendasi kelompok usia.

Jadwalkan waktu yang tepat untuk menggunakan perangkat, dan rencanakan aktivitas fisik yang menyenangkan untuk dilakukan anak Anda di lain waktu.

Hindari meletakkan TV dan gadget elektronik di kamar tidur anak Anda, dan jauhkan perangkat tersebut setelah digunakan.

Amati waktu 'bebas teknologi' seperti saat makan, pekerjaan rumah, dan waktu tidur. Selain itu, Anda dapat menentukan zona 'bebas teknologi' untuk anak Anda seperti di kamar tidur, ruang makan, dan di dalam mobil.

Ajari anak Anda sejak dini tentang pentingnya moderasi. Pastikan untuk memberikan pujian saat anak Anda menunjukkan pengendalian diri dalam penggunaan perangkat teknologi dan mengikuti aturan yang telah Anda tetapkan.

Pantau akses dengan menggunakan perangkat bersama anak Anda. Manfaatkan kesempatan ini untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berbagi nilai-nilai keluarga.

Terkadang, dengan kehidupan sibuk yang kita jalani, teknologi dapat digunakan untuk membantu mengisi waktu anak. Namun, tetap penting bagi orang tua dan pengasuh untuk tersedia untuk berbicara, mendengarkan, bermain, mengunjungi tempat-tempat dan secara aktif terlibat dengan anak-anak mereka selama rutinitas dan kegiatan sehari-hari mereka.

Diterjemah bebas oleh blog Suryadisabilitas.com. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung di blog ini.

Post a Comment for "6 Tips Mencegah Kecanduan Teknologi pada Anak"