Program Parenting: Mewujudkan Sinergitas Visi Misi Sekolah Pendidikan Khusus dan Orang Tua

Kegiatan parenting sangat penting dilakukan oleh satuan pendidikan karena ini merupakan wadah silaturhami orang tua dan sekolah, menyatukan visi misi sekolah, saling bekerjasama, berbagi pengetahuan, cerita, pengalaman, serta berbagi solusi untuk memberikan kontribusi terbaik bagi perkembangan anak di rumah dan di sekolah.
Seminar Parenting Mewujudkan Sinergitas Visi Misi Sekolah dan Orang Tua
Istiarsyah, S.Pd.I., S.Pd., M.Ed., Kepala SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen, Aceh, Indonesia
Ada beberapa tujuan utama kegiatan parenting di sekolah, yaitu:
  1. Orang tua dapat memahami karakter anak berkebutuhan khusus sesuai dengan ketunaanya.
  2. Orang tua dapat menerapkan pola asuh yang efektif.
  3. Orang tua dapat belajar lebih memahami cara pembelajaran anak di rumah.
Pendampingan yang diberikan oleh orang tua adalah salah satu aspek penting dalam mengasuh anak-anak berkebutuhan khusus, karena pola asuh yang diberikan orang tua ini akan berdampak pada kehidupan dan kepribadian anak, hal ini dikarenakan bahwa orang tua adalah kerabat terdekat anak.

Pola asuh dan peran orang tua yang baik dapat membangkitkan semangat dan mendorong anak untuk menggapai cita-cita dan mengembangan dirinya agar dapat menjadi insan yang berkarakter, memiliki keterampilan, memiliki kemampuan dalam berinteraksi dan bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat, serta anak dapat hidup mandiri saat mereka tumbuh dewasa nanti.

Untuk diketahui bahwa gaya pengasuhan yang tidak sehat terhadap anak-anak berkebutuhan khusus akan dapat menyumbang stigma negatif dalam masyarakat. Jika pola asuh yang diberikan salah ataupun tidak baik, maka hal ini akan menyebabkan anak terlalu tergantung pada orang tua, sehingga anak menjadi tidak produktif.

Keadaan dan situasi yang seperti ini justru akan dapat menimbulkan stigma yang buruk dalam kehidupan masyarakat, karena meraka akan beranggapan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus tidak memiliki kemampuan, selalu harus dibantu serta tidak kreatif.

Selain daripada itu, pola asuh yang tidak baik juga akan dapat membuat anak memiliki beban moral dan materi di masa depan mereka kelas. Tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk orang tua dan keluarga mereka sendiri.

Oleh karena itu orang tua perlu menanamkan pola asuh yang baik dan tepat untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Di samping itu juga orang tua harus membiasakan pengasuhan dan perlakuan yang adil bagi semua anak, tidak membanding-bandingkan satu dengan yang lainnya, bagaimanapun kondisinya.

Kegiatan parenting sangat bermanfaat bagi kami orang tua karena memberikan pencerahan yang positif dalam memberikan pengetahuan dalam pola asuh anak. 

Orang tua dapat menginstropeksi diri terhadap apa yang telah meraka berikan. Sejauh mana keseimbangan antara pendampingan pola asuh dan ekspektasi yang diharapkan untuk perkembangan anak-anak mereka. 

Selain itu, kegiatan parenting dapat memberikan motivasi dan semangat baru untuk memberikan pendampingan yang lebih baik bagi buah hati orang tua.

1 comment for "Program Parenting: Mewujudkan Sinergitas Visi Misi Sekolah Pendidikan Khusus dan Orang Tua"

  1. The Dremel DigiLab 3D45 is featured-packed, prints accurately, and comes loaded with powerful software, making it one of Sissy Panties For Men the best 3D printers we've tested. Access unmatched financial information, news and content material in a highly-customised workflow experience on desktop, internet and mobile. Reuters, the news and media division of Thomson Reuters, is the world’s largest multimedia news supplier, reaching billions of people worldwide every day. Reuters offers business, financial, nationwide and international news to professionals via desktop terminals, the world's media organizations, trade occasions and on to shoppers.

    ReplyDelete