Pengertian dan Konsep Pemasaran

Pemasaran adalah proses mendapatkan klien atau pelanggan potensial yang tertarik dengan produk dan layanan Anda. Kata kunci dalam definisi ini adalah "proses". Pemasaran melibatkan meneliti, mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau layanan Anda.

pengertian pemasaran, konsep pemasaran, strategi pemasaran, pemasaran adalah, pemasaran, manajemen pemasaran, bauran pemasaran, riset pemasaran adalah, strategi pemasaran produk
Sumber gambar: gurupendidikan.co.id

Disiplin ini berpusat pada studi pasar dan perilaku konsumen dan menganalisis manajemen komersial perusahaan untuk menarik, memperoleh, dan mempertahankan pelanggan dengan memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka dan menanamkan loyalitas merek.


Pengertian Pemasaran

Pengertian pemasaran adalah tindakan atau bisnis mempromosikan dan menjual produk atau jasa, termasuk riset pasar dan periklanan. Saat ini, pemasaran adalah sesuatu yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan dan organisasi dalam strategi pertumbuhannya. Banyak perusahaan menggunakan teknik pemasaran untuk mencapai tujuan mereka tanpa menyadarinya, karena mereka bekerja untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan meningkatkan penjualan produk atau layanan mereka. Saat ini, pemasaran adalah salah satu aspek kunci bisnis.

Orang sering tidak tahu persis apa itu pemasaran dan, ketika ditanya, mereka mendefinisikannya sebagai penjualan atau periklanan. Sementara jawaban ini tidak salah, mereka hanya bagian dari pemasaran. Ada banyak aspek lain untuk pemasaran seperti distribusi produk, promosi, merancang dan membuat materi seperti halaman arahan dan konten media sosial, meningkatkan pengalaman pelanggan, melakukan riset pasar, membangun segmen pasar, dan banyak lagi.

Pemasaran sangat luas dan mencakup semua strategi yang membantu perusahaan, merek, atau individu mencapai tujuan mereka.


Empat Komponen dalam Pemasaran

Menurut E. J. McCarthy, 4 komponen dalam pemasaran adalah formula sederhana untuk mengidentifikasi dan bekerja dengan elemen-elemen penting dari strategi pemasaran Anda. Adapaun 4 komponen tersebut adalah sebagai berikut:

1. Produk

Memiliki produk adalah kunci dan merupakan akar dari semua hal pemasaran. Produk dapat berupa apa saja yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memutuskan produk atau layanan Anda berdasarkan kebutuhan dan motivasi konsumen dan bagaimana produk tersebut akan bermanfaat bagi konsumen, bukan pada karakteristik fisik atau atribut objek.

2. Tempat/ Lokasi 

Lokasi merchandising yang strategis dapat berupa apa saja, mulai dari toko online hingga saluran toko fisik di berbagai kota atau negara. Tujuan dari strategi distribusi adalah untuk memungkinkan klien potensial memiliki akses mudah ke produk/layanan Anda serta menawarkan pengalaman yang baik selama proses pembelian.

3. Harga

Bagaimana Anda menentukan harga produk dan layanan Anda adalah bagian yang sangat penting dari strategi pemasaran. Faktor ini mempengaruhi faktor lain seperti:

  • Margin yang ingin Anda peroleh.
  • Target pasar apa yang ingin Anda tarik dan daya beli apa yang dimiliki konsumen Anda? Apakah Anda ingin memasuki pasar mewah atau pasar massal?
  • Tujuan keuangan perusahaan. 
  • Bagaimana persaingan menentukan harga produk mereka dan produk pengganti apa yang mungkin ada?
  • Tren dan mode.
  • Meningkatkan harga Anda untuk memberikan persepsi kualitas yang lebih baik.

4. Promosi

Ini mengacu pada semua pemasaran dan komunikasi yang dilakukan untuk menunjukkan manfaat produk atau layanan Anda di pasar. Ini adalah bagaimana Anda meningkatkan penjualan.


Manfaat Pemasaran untuk Bisnis

Pemasaran dapat membantu bisnis Anda dalam banyak cara, tetapi mari kita lihat beberapa cara yang paling berdampak. Ada beberapa manfaat pemasaran untuk bisnis yang kita jalankan, yaitu:

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Ini penting karena membuat orang mengenal merek Anda dan produk atau layanan yang Anda berikan. Itu juga membuat Anda diingat oleh pelanggan yang dapat mulai mempercayai merek Anda, menjadi klien setia, dan memberi tahu jaringan mereka tentang Anda.

2. Menghasilkan Lalu Lintas

Meningkatkan jumlah pengunjung ke situs Anda berarti mendapatkan prospek yang lebih berkualitas (skor prospek dapat membantu menentukan hal ini) dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda. Strategi pemasaran yang efektif akan membantu Anda melalui proses ini.

3. Meningkatkan Pendapatan

Setiap bisnis yang ingin meningkatkan penjualan dan pemasaran mereka dapat membantu mencapai tujuan ini melalui berbagai strategi seperti mengoptimalkan situs web dan SEO Anda, membuat kampanye email, melakukan pengujian A/B untuk menentukan strategi terbaik untuk Anda, dan banyak lagi.

4. Membangun Kepercayaan pada Merek Anda

Menciptakan tingkat kepercayaan yang tinggi pada merek Anda mengarah pada loyalitas pelanggan dan pembelian berulang. Ini tidak hanya meningkatkan pendapatan tetapi juga menghasilkan ulasan yang bagus baik online maupun dari mulut ke mulut, yang masih merupakan salah satu jenis promosi yang paling efektif.

5. Melacak Metrik Anda

Metrik sangat membantu dalam membuat strategi pemasaran Anda. Mereka tidak hanya mendorong strategi dan membantu melacak kemajuannya, tetapi juga menginformasikan apa yang dapat disesuaikan atau disesuaikan untuk terus mengoptimalkan kampanye Anda.


Metode dan Strategi dalam Pemasaran

Pemasaran bukan hanya satu strategi tunggal, melainkan kombinasi dari banyak teknik dan taktik yang berbeda. Di bawah ini kami telah mencantumkan beberapa strategi pemasaran penting yang harus Anda ketahui. Klik tautan merah untuk mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing strategi ini. Ada beberapa strategi yang dapat kita pilih dalam menjalankan sebuah pemarasan dalam bisnis:

1. Rencana Pemasaran

Temukan apa itu rencana pemasaran, mengapa Anda perlu merancangnya, dan kunci untuk membuat rencana yang kuat. Tanpa rencana pemasaran, perusahaan atau merek tidak dapat mencapai tujuannya.

2. Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah disiplin pemasaran yang berfokus pada pengembangan strategi hanya dalam lingkungan digital.

3. Pemasaran Langsung

 Pemasaran langsung adalah jenis kampanye yang didasarkan pada komunikasi dua arah langsung yang berupaya memicu hasil dari audiens tertentu.

4. Pemasaran Email

 Pemasaran Email adalah salah satu teknik yang paling menguntungkan dan efektif dalam hal pengembalian. Secara alami, ini terdiri dari pengiriman email ke audiens Anda, tetapi pastikan untuk mendefinisikan segmen Anda dengan baik agar efektif.

5. Pemasaran Seluler

 Pemasaran Seluler adalah konsep luas yang menyatukan semua kampanye dan tindakan pemasaran yang berfokus secara eksklusif pada platform dan aplikasi seluler (yaitu ponsel cerdas dan tablet).

6. Viral Marketing

 Memiliki sesuatu yang menjadi viral adalah impian setiap perusahaan. Viral Marketing menyebar dari satu orang ke orang berikutnya dan mampu berkembang sangat jauh dengan sangat cepat.

7. Performance Marketing

 Performance Marketing adalah metodologi yang menerapkan berbagai metode dan teknik pemasaran dan menjamin pengiklan bahwa mereka hanya perlu membayar untuk hasil yang dicapai.

8. Pemasaran Masuk

Metodologi ini berfokus pada pembuatan konten yang berharga untuk menarik lalu lintas web yang memenuhi syarat dan bekerja menuju penjualan akhir.


Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Alexandra Tyler

Pemasaran terkait erat dengan penjualan dan kecuali uji coba drive atau penjualan, perusahaan tidak memiliki pemasaran yang ditandai. “Langkah-langkah penting dalam pemasaran, definisi apa yang ada pada bisnis saat ini (tren, regulasi, target audiens, pesaing) diketahui, yang merupakan target pengguna atau pembeli, tujuan perusahaan yang terukur dalam hal ke mana harus mengambil bisnis yang akan dicapai dan tingkat apa yang telah ditetapkan untuk keberhasilan inisiatif untuk mencapai tujuan tersebut, rencana pendekatan pemasaran dapat diterapkan apakah meningkatkan tujuan bisnis yang sedang berjalan atau memasuki pasar baru. proses pemasaran adalah untuk menggerakkan pengguna atau pembeli lebih dekat untuk membuat keputusan pembelian.

Cathy Halligan

Pemasaran bertanggung jawab atas penciptaan nilai pemegang saham melalui merek, wajah dari strategi bisnis. Untuk melakukan ini, identifikasi target pemasaran, yang menarik segmen pertumbuhan tinggi. 

Pemasaran mendorong organisasi berhati-hati untuk mengidentifikasi proposisi nilai merek individu yang berbeda dan memberikan setiap hari di setiap titik kontak. Pemasaran menjamin pengiriman yang menarik, menawarkan target dan set yang berbeda dan kegiatan pemasaran dan peningkatan kepuasan konsumen / bisnis / mitra dan kesehatan dan kekuatan merek. 

Pemasaran adalah titik pertumbuhan akuntabilitas untuk, mengidentifikasi, dan memberikan pelanggan baru, kesepakatan baru, dan pertumbuhan pasar baru yang menguntungkan.

Cece Salomon-Lee

Pemasaran adalah kemampuan untuk mengomunikasikan pesan kepada audiens Anda dan meminta tanggapan dari mereka. Tanggapan ini dapat berupa kesan positif perusahaan Anda mengambil merek, dorongan untuk membeli produk, untuk mencapai bisnis Anda untuk informasi lebih lanjut atau bahkan mendistribusikan pesan Anda kepada orang lain. Dan tidak peduli apa jawaban yang diinginkan, pemasaran harus selalu menetapkan tujuan bisnis Anda secara keseluruhan.

Deborah Weinstein

Pemasaran membangun hubungan antara konsumen dan merek. Banyak disiplin ilmu yang masuk ke dalam prosesnya, secara bersama-sama menciptakan sebuah brand personality yang dirancang agar sesuai dengan targetnya. 

Pemasaran konsumen Romawi berharap untuk membangun komitmen jangka panjang. Ini mengambil pendapat keyakinan dan tidak ada cetakan kekuatan ketiga seperti dukungan PR partai.

Gerry Lantzm

Pemasaran, sebagai nilai tukar yang didefinisikan, adalah pertukaran nilai dua arah antara pemasar dan konsumen melalui produk atau layanan yang tepat ke target yang tepat di negara yang tepat menawarkan kebutuhan dan penggunaan oleh sarana yang tepat untuk interaksi dan pembelian. 

Ketika percakapan, pemasaran berakhir dan cerita langsung ke produk atau layanan, katakan bahwa konsumen memperketat termasuk mendengar dengan benar, partisipasi, keanggotaan dan akhirnya membeli dalam percakapan yang otentik.

Heidi Cohen

Sejalan dengan tujuan perusahaan, pemasaran konsumen sumber daya yang langka, perhatian dan keuntungan pendapatan yang dapat dibelanjakan untuk mendorong pendapatan yang menguntungkan. 

Pemasaran adalah proses untuk mendapatkan produk atau jasa dari perusahaan ke konsumen akhir dari pengembangan produk, penjualan dan pasca dukungan untuk pembelian akhir. Untuk tujuan ini, strategi pemasaran tujuan perusahaan, target pelanggan, strategi pemasaran, taktik pemasaran dan metrik terkait. Depending memperluas pemasaran di seluruh proses pembelian pelanggan termasuk penelitian, advokasi, akuisisi, setelah pembelian (termasuk dukungan tambahan dan kembali) dan lobi.

Jeanniey Mullen

Pemasaran adalah kesempatan unik untuk membangun rasa hormat dan hubungan dengan audiens target Anda dengan cara yang memaksa mereka kecanduan produk atau layanan, dukungan Anda. 

Pemasaran yang sukses ditangkap pada saat konsumen sasaran tentang bisnis Anda, Anda merasa begitu kuat untuk memasukkan mereka ke dalam rutinitas dan gaya hidup sehari-hari Anda.

Jeffrey Hayzlett

Pemasaran harus memeriksa mengapa Anda dalam permainan dan mengajukan pertanyaan sulit. Selain itu, harus ada rencana dan harus dikaitkan dengan kondisi tertentu dari ekspektasi penjualan kepuasan yang jelas. Gairah bukanlah pengganti perencanaan. Ingat, jangan menjual buzz. Tegangan turun. Perdebatan yang sehat adalah hal yang baik tegangan dan kelompok untuk bergerak. berani mengambil resiko dan tidak takut melakukan kesalahan. Tidak ada yang pernah mati karena kampanye pemasaran. Untuk tumbuh, Anda harus keluar dari sana. Bawa bisnis Anda ke stratosfer baru.

Jim Siegel

Pemasaran, semua sumber daya yang tersedia disusun secara terus menerus untuk memberikan prinsip dasar bahwa bukan apa yang ingin Anda jual, tetapi apa yang ingin dibeli pelanggan. 

Pemasaran yang sukses selalu berpikir dari sudut pandang pelanggan dan terus-menerus bertanya: "Apa untungnya bagi mereka 'pemasaran yang berhasil memperoleh kepercayaan melalui kontak dan transaksi individu?

Lisa Buyer

Intuitif menurut desain, pemasaran sesuai dengan pesan / alasan yang tepat untuk orang yang tepat. Temukan seseorang yang memiliki hubungan pribadi dengan produk, layanan, atau tujuan dengan cara yang tidak mencolok dan ramah. 

Pemasaran bisa sesederhana jaringan atau serumit kampanye global multi-juta dolar yang terintegrasi cetak, digital, PR, Media Sosial dan Broadcast menyampaikan pesan-pesan tertentu dengan satu tujuan dalam sebuah kasus. 

Beberapa hasil pemasaran terbaik datang dari inisiatif sederhana. Untuk membuatnya tetap sederhana, terkadang strategi terbaik.

Liz Strauss

Pemasaran tersedia untuk membangun kepercayaan dan tahu di tulang Anda, Anda dapat secara konsisten bertemu dan elegan bagi mereka yang menginginkannya. Dan dipoles berulang kali mendengar, tweak dan meningkatkan penawaran, yang tak tertahankan untuk mengambil pelanggan tidak perlu apa-apa, menambahkan lebih dari apa Pelanggan yang terhormat dan membangun nilai yang luar biasa yang hanya bisa Anda kejutan kecuali yang membuat pelanggan jatuh jatuh cinta.

Lee Oden

Definisi modern pemasaran adalah praktek untuk mencapai nilai tambah untuk saling menguntungkan kebutuhan pelanggan dan tujuan bisnis. Selama tindakan, yang berarti mengetahui, dan sesuai dengan perilaku audiens target / penemuan informasi publik, konsumsi dan pertukaran dengan komunikasi yang relevan dan pemberitahuan tepat waktu tentang siklus hidup pelanggan. Komunikasi dan hubungan Anda berpengaruh untuk meningkatkan pendapatan belanja konsumen.

Matt Blumberg

Pemasaran juga dilakukan (a) strategi bisnis - proposisi nilai, pergi ke strategi pasar dan positioning merek dan citra di dunia. Pemasaran, jika tidak dilakukan dengan baik (b) daftar iklan dan promosi yang tak ada habisnya untuk tugas-tugas yang tidak akan pernah bisa diselesaikan. harus pemasaran di abad kedua puluh satu (c) sebagian besar, tetapi tidak sepenuhnya, terukur dan bertanggung jawab untuk mendorong tujuan perusahaan. Pemasaran, bila dilakukan dengan cemerlang didorong oleh (a) termasuk, bagian disiplin yang lebih kecil (b), dan dalam budaya (c) ditembus.

Max Kalehoff

Pemasaran adalah untuk menciptakan seni dan ilmu pengetahuan bertemu dan mempertahankan pelanggan, sambil menghasilkan keuntungan dan membangun nilai perusahaan.

Integrasi pemasaran, secara formal atau informal, banyak disiplin dan fungsi masing-masing organisasi. Pemasaran harus mencakup standar etika tertinggi, menghormati lingkungan, dan berusaha membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Mike Sprouse

Pemasaran, biasanya adalah pengungkapan informasi tentang suatu produk atau layanan kepada audiens. Pemasaran yang efektif adalah komunikasi dua arah yang menggabungkan seni dan ilmu pengetahuan. Ini adalah disiplin tanpa akhir permainan yang perlu diasah, tweak dan diuji. Membangun hubungan pemasaran yang efektif dan membangun kepercayaan; "Dorong" atau "tarik" tidak. Kunci pemasaran yang efektif adalah selalu bauran komunikasi yang tepat untuk merek, produk, atau layanan Anda untuk memahami cara terbaik berinteraksi dengan pelanggan atau pengguna dalam lingkungan yang kondusif dan reseptif.

Patrick dentures

Pemasaran adalah semua kegiatan untuk menarik dan menghubungkan pelanggan dengan produk dan jasa yang mereka butuhkan. Termasuk taktik pemasaran masuk dan keluar di semua saluran - satu-ke-satu dan satu-ke-banyak. Idealnya menjaga hubungan pemasaran jangka panjang, termasuk seluruh merek pengalaman pelanggan yaitu dukungan dan layanan pelanggan. Pemasaran dimulai dengan desain produk itu sendiri dan meluas melalui pasca pembelian.

Philip Kotler

Jelajahi pemasaran sebagai ilmu dan seni untuk menghasilkan dan memberikan nilai bagi kebutuhan kelompok sasaran dengan keuntungan. Pemasaran mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan yang tidak terpenuhi. Tentukan, ukur, dan kuantifikasi ukuran pasar yang teridentifikasi dan potensi keuntungan. Dia memiliki segmen ini, perusahaan mampu melayani sesuai dengan yang terbaik dan desain dan promosi produk dan layanan.

Renee Blodgett

Pemasaran adalah pertukaran komunikasi yang konstan dengan pelanggan dengan cara yang mendidik, menginformasikan, dan membangun hubungan dari waktu ke waktu. Dari waktu ke waktu, karena dapat mengandalkan dibuat hanya dari waktu ke waktu bagian penting. Dengan percaya diri, membangun komunitas organik di sekitar produk dan layanan dan pelanggan tentang produk saat Anda bersemangat - mereka advokat, penginjil setia, pelanggan tetap dan sering, teman. 

Pemasaran adalah cara yang bagus untuk mengetahui apa yang disukai dan disukai orang tentang merek Anda dan memberikannya kepada mereka, mereka berpartisipasi di dalamnya, dan ya, bagian terbaiknya, menjalin persahabatan yang hebat dalam prosesnya.

Robin Korman

Pemasaran adalah praktik kesadaran, pertimbangan, pembelian/pembelian kembali, dan preferensi terhadap produk atau jasa melalui layanan berorientasi konsumen, periklanan, pengemasan, penempatan, harga, dan promosi. 

Secara historis, pemasaran adalah interaksi satu arah, tetapi semakin sering dipicu secara dua arah oleh penggunaan dan pengaruh media sosial dan pemasaran yang selalu viral dari perusahaan yang menawarkan barang atau jasa.

Rebecca Lieb

Pemasaran adalah proses multifaset dari dukungan penjualan strategis dan taktis serta layanan pelanggan dan retensi. Langkah pertama melibatkan mengidentifikasi target audiens, pengembangan strategi pemasaran / komunikasi biasanya melibatkan beberapa metode dan saluran (misalnya periklanan, PR, konten, acara / digital print, siaran) untuk mengukur dan mengevaluasi hasil dan proses berkelanjutan berdasarkan pembelajaran dan pengembangan meningkatkan pasar . 

Pemasaran juga dapat membentuk umpan balik antara organisasi dan pelanggan dan prospeknya yang akan membantu menginformasikan dan bisnis masa depan.

Artikel ini adalah hasil terjemahan bebas Suryadisabilitas.com yang diambil dari beberapa sumber di bawah ini:

marketing-true.blogspot.com/2016/02/Marketing-Definition-by-Marketing-Expert.html

cyberclick.net/marketing

pengertian pemasaran, konsep pemasaran, strategi pemasaran, pemasaran adalah, pemasaran, manajemen pemasaran, bauran pemasaran, riset pemasaran adalah, strategi pemasaran produk

Post a Comment for "Pengertian dan Konsep Pemasaran"