3 Alasan Penting Memilih Kuliah Pendidikan Khusus

Pendidikan khusus? Kenapa pendidikan khusus menjadi sangat istimewa saat ini? Kenapa memilih pendidikan khusus menjadi penting untuk dipertimbangkan?

Yuk simak sedikit ulasan dari kisah nyata yg saya rasakan sebagai seorang lulusan pendidikan khusus!

3 Alasan Penting Memilih Kuliah Pendidikan Khusus
Sumber gambar: martinezusd.net

Alasan pertama, menjadi guru pendidikan khusus  merupakan profesi yang digeluti dengan hati dengan visi dan misi yang besar. 

Mengapa demikian? Karena ini merupakan profesi yg dijalani dengan ibadah dunia dan akhirat yang sepanjang perjalanannya diiringi dengan rasa syukur terhadap setiap nikmat dan karunia yang Allah berikan pada kita setiap waktu. 

Jadi bisa dikatakan sepanjang menggeluti bidang ini, sepanjang itu pula ibadah kita bermanfaat bagi kita sendiri maupun anak didik serta lingkungan sekitar kita.

Alasan kedua, pendidikan khusus memiliki bidang kajian yang luas dan menarik. 

Mengapa demikian? Setiap peserta didik berkebutuhan khusus memiliki karakteristik nya masing-masing hal itu membuat bidang kajian ilmu menjadi luas dan beragam. 

Mengapa itu menjadi menarik? Saya merupakan salah satu guru pendidikan khusus yang pernah berhasil menjadi juara nasional pada tahun 2019 karena mengembangkan media pembelajaran karena peserta didik saya yang unik. 

Saya juga pernah beruntung dapat gratis menapaki tanah suci karena dapat memenangkan lomba yang diselenggarakan dinas pendidikan pada bidang pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus.

Situasi pendidikan di Aceh saat ini sangat mendukung pendidikan anak berkebutuhan khusus, hal itu menjadikan guru pendidikan khusus dapat dan mampu mengembangkan diri serta karir nya di bidang ini sama seperti jenjang pendidikan menengah lainnya seperti SMA dan SMK. 

Berbagai pelatihan skala daerah hingga nasional pun sama pesatnya diselenggarakan bagi guru pendidikan khusus dalam meningkatkan kompetensinya. 

Jadi,tidak ada kata tertinggal, kuno dan gaptek untuk seorang guru pendidikan khusus. Wahana berkarya dan berkarir sangat luas saat ini.

Alasan ketiga, peserta didik berkebutuhan khusus memiliki karakteristik belajar yang berbeda satu sama lain, hal itu membuat kebutuhan guru pendidikan khusus sangat tinggi. 

Mengapa demikian??? Karena karakteristik mereka membutuhkan pelayanan pendidikan berbeda satu sama lain sehingga membutuhkan guru pendidikan khusus yang jumlahnya memadai untuk menangani peserta didik secara intensif. 

Hal tersebut membuat prospek peluang menjadi guru pendidikan khusus menjadi sangat luas dan beragam jenisnya seperti Aparatur Sipil Negera (ASN) pada SLB, guru terapis, guru pendamping khusus pada sekolah inklusi, guru kelas, serta guru pendidikan khusus dalam status kepegawaian apapun pada SLB maupun sekolah lainnya.

Nah tunggu apa lagi??? Materi kuliah dan ladang pahala besar, pengembangan diri dan karir keren serta peluang kerja yang tinggi dan menjanjikan masa depan kamu cerah!!!

Ayo bulatkan tekadmu untuk daftar S1 Pendidikan Khusus di UMMAH.. Bismillah !


Oleh : Zulfazra, guru SLBN Aneuk Nanggroe Lhokseumawe

Post a Comment for "3 Alasan Penting Memilih Kuliah Pendidikan Khusus"