7 Contoh Aksesibilitas Umum Ramah Disabilitas

Agar kita lebih sadar terhadap kehidupan seorang disabilitas, cobalah untuk memejamkan mata sejenak. Membayangkan jika kehidupan kita saat ini berubah menjadi seseorang yang memiliki kebutuhan khusus seperti para penyandang disabilitas. 

Maka tentunya kita akan membanyangkan sebuah perubahan besar dalam kehidupan kita. Misalnya kita tidak bisa berjalan dan membutuhkan kursi roda sebagai alat bantu gerak, tidak bisa melihat dan membutuhkan tongkat sebagai teman setia yang akan mendampingi ke manapun kita pergi, atau keadaan lainnya.

Keadaan seperti pastinya kita menginginkan sebuah kesetaraan untuk dapat melakukan seperti orang pada umumnya. Ketersediaan fasilitas yang ramah bagi disabilitas adalah sebuah keinginan dalam hati untuk kita bisa hidup merdeka seperti orang-orang lain.

Baca juga: UU RI No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas

Ini adalah hal-hal yang menakutkan untuk dipikirkan oleh orang yang memiliki fisik yang sehat. Namun, bagi individu yang hidup dengan disabilitas, mereka memandang dunia ini melalui sudut pandang kreatif dan menemukan cara-cara yang unik untuk melakukan tugas sehari-hari merupakan norma yang harus dijalani.

Perlu diakui bahwa sebenarnya dalam tatanan kota atau daerah, pemerintah berhutang kepada penyandang disabilitas karena seyogyanya fasilitas dan insfrastruktur mestinya ramah disabilitas agar mereka dapat menjadi warga negara yang lebih aktif dan merdeka sebagai warga negara . Walaupun terlambat, tapi sudah waktunya bagi pejabat untuk mulai memberikan fokus yang lebih tinggi untuk menciptakan aksesibilitas yang lebih baik bagi penyandang disabilitas. 

Baca juga: PP No. 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan

Berikut beberapa contoh yang dapat dilakukan pemerintah untuk membangun tempat yang lebih ramah disabilitas dan dapat diakses oleh semua orang yang tinggal dan mengunjungi daerah tersebut.

Bangun Curb Ramps pada trotoar
Kota memiliki jumlah penduduk yang padat dan ramai, dan tempat yang memiliki area lalu lintas dan Bukan rahasia lagi bahwa kota adalah area dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi. Namun, beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka yang menggunakan di kursi roda atau menggunakan berada di luar jalur pejalan kaki. Mereka lebih suka berkeliling kota dengan trotoar daripada dengan mobil atau bus.
7 Contoh Aksesibilitas Ramah Disabilitas
Sumber gambar: apestylemag.com
Pasang Ramps di Angkutan Umum
Meskipun trotoar jalan yang landai adalah awal yang baik, itu belum cukup. Jalur landai berperan besar dalam cara para penyandang disabilitas untuk berkeliling, terutama saat menggunakan transportasi umum.

7 Contoh Aksesibilitas Ramah Disabilitas
Sumber gambar: Busandcoachbuyer.com
Coba kita fikir bersama!
Setiap kali kita akan naik bus atau memasuki metro / kereta bawah tanah, kita harus melewati semacam celah. Ini tidak bisa dilakukan oleh pengguna kursi roda. Belum lagi, penyandang disabilitas yang menggunakan tongkat atau memiliki kaki palsu juga harus berhati-hati menggunakan metode transportasi seperti itu.

Baca juga: PP Nomor 74 Tahun 2014 Bagian Kedelapan

Saatnya memberi warga seperti itu pilihan yang lebih baik. Pasang jalur landai otomatis di semua bentuk transportasi umum dan perhatikan bagaimana penggunaan sumber daya tersebut meningkat.

Buatlah Toilet/ WC Adaptif di Tempat Umum Lebih Tersedia 
Buang air saat adalah sebuah kebutuhan. Terkadang ia tidak mengenal waktu dan dating tiba-tiba. Oleh karena itu penyedian toilet adalah merupakan hak asasi manusia.
7 Contoh Aksesibilitas Umum Ramah Disabilitas
Sumber gambar: https: greatseniorliving.com
Untuk buang air, kita dan penyadang disabilitas mempunyai keadaan yang sama. Mereka harus dapat mengakses toilet dengan mudah seperti orang pada umunya, yang berarti perencana kota dan pemilik bangunan perlu membuat peluang ini tersedia.

Buat Penyesuaian Sederhana (Adaptif) Terhadap Kebutuhan Barang Sehari-hari 
Cara lain untuk membuat kota lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas adalah menyesuaikan adaptif terhadap sesuatu barang yang sering ditemukan dalam kehidupan keseharian. Contohnya mempertimbangkan seberapa tinggi pegangan pintu depan gedung kantor.


7 Contoh Aksesibilitas Ramah Disabilitas
Sumber gambar: worklawyers.com
Sulit bagi orang yang berkursi roda untuk melihat ke meja yang tinggi. Tidak mudah bagi mereka untuk membuka pintu yang tinggi atau untuk berjalan masuk kantor dengan cepat. 

Bahkan sesuatu yang biasa seperti masuk dan keluar lift mungkin membutuhkan waktu lebih lama bagi penyandang disabilitas dari pada kebanyakan orang, yang berarti memperpanjang berapa lama pintu tetap terbuka dapat sangat membantu mereka.

Pertimbangkan Orang yang Kebutuhan Khusus Pendengaran dan Penglihatan
Perlu kita diingat bahwa ada beberapa disabilitas yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata, contohnya disabilitas pendengaran yang kita tidak dapat mengetahuinya secara langsung. Begitu juga dengan disabilitas penglihatan. 


Tidaklah cukup hanya membuat tempat umum atau kota lebih mudah diakses oleh disabilitas fisik saja, namun kita juga harus menyertakan disabilitas pendengaran dan disabilitas penglihatan dalam perencanaan aksesibilitas ramah disabilitas.

7 Contoh Aksesibilitas Ramah Disabilitas
Sumber gambar: jakarta.tribunnews.com
Akomodasi semacam itu sedikit lebih kompleks. Kita harus memikirkan tentang lokasi kebisingan yang akan menjadi sangat peka terhadap kebutuhan khusus individu penyandang disabilitas tersebut. 

Sebaiknya tim profesional mempertimbangkan masalah ini. Faktanya, kita harus meminta seseorang yang bekerja pada proyek aksesibilitas skala besar untuk memeriksa semua perubahan yang akan direncanakan.

Desain Fasilitas Ramah Autistik
Seseorang dengan autisme sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan yang berkaitan dengan cahaya dan/ atau suara. Kebanyakan biasanya memiliki rutinitas terperinci yang mereka ikuti setiap hari, dan ketika rutinitas itu kacau dan tidak bersahabat, maka mereka akan sulit menyesuaikan diri.



7 Contoh Aksesibilitas Umum Ramah Disabilitas
Sumber gambar: cbc.ca
Tempat duduk ramah autistik terlindung dari cahaya langsung
Kita tidak perlu memastikan bahwa tidak akan ada yang salah untuk orang autis di dalam lingkungan kita. Tapi, tapi harus melakukan yang terbaik untuk menyatakan bahwa kota sedang bekerja untuk membantu membantu mereka.

Mendesain Tempat yang Mendorong Inklusi Sosial 
Jika berbicara tentang membantu disabilitas yang membutuhkan, maka harus pertimbangkan untuk memulai program inklusi sosial juga. Banyak kota di seluruh dunia telah melakukan ini untuk semua jenis komunitas penyandang disabilitas yang berbeda. Mereka berusaha secara sadar untuk memberi tahu para penyandang disabilitas bahwa mereka memiliki suara dan  dukungan.

sumber bacaan: www.rushprnews.com

Post a Comment for "7 Contoh Aksesibilitas Umum Ramah Disabilitas "