Pengetahuan Penting Seputar Menstruasi yang Harus Diketahui

Setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan akan memasuki masa pubertas. Pubertas adalah proses perubahan tubuh yang menyebabkan tubuh anak menjadi tubuh dewasa yang mampu bereproduksi. Oleh karena itu anak harus diajarkan untuk mengetahui definisi medis dasar tentang menstruasi yang itu adalah merupakan suatu proses yang normal.


Pengetahuan Penting Seputar Menstruasi Yang Harus Diketahui
Sumber gambar: feminisminindia.com
Proses yang dilalui wanita saat tubuh mereka mempersiapkan diri untuk kemungkinan kehamilan. Ini adalah bagian dari siklus menstruasi bulanan (siklus hormon yang teratur) yang terjadi dalam sistem reproduksi wanita yang memungkinkan terjadinya kehamilan. 

Secara medis, menstruasi juga disebut menstruasi atau perdarahan adalah proses keluarnya darah melalui melalui vagina wanita dan bahan lain dari lapisan rahim pada sekitar satu interval bulanan dari masa pubertas hingga menopause (penghentian siklus menstruasi yang teratur), kecuali selama kehamilan. Proses pemakaian ini berlangsung sekitar 3-5 hari.

Apa saja tanda dan gejala menstruasi?

Selain pendarahan, tanda dan gejala menstruasi lainnya dapat berupa sakit kepala, jerawat, kembung, nyeri di perut bagian bawah, kelelahan, perubahan mood, mengidam makanan, nyeri payudara, dan diare.

Kapan menstruasi dimulai? Kapan ini berakhir?

Siklus menstruasi adalah siklus yang digerakkan oleh hormonal; Hari 1 adalah hari pertama menstruasi Anda (pendarahan) sedangkan hari ke 14 adalah hari perkiraan Anda berovulasi dan jika sel telur tidak dibuahi, kadar hormon akhirnya turun dan sekitar hari ke 25; telur mulai larut dan siklus dimulai lagi dengan periode sekitar hari ke-30. Menstruasi dimulai hari ke-1 dan biasanya berakhir pada hari ke 3, ke 5 dari siklus menstruasi.

Sebagian besar periode agak berbeda, melalui proses yang mungkin ringan, sedang atau berat, dan dapat bervariasi panjang waktunya dari sekitar 2 sampai 7 hari; seiring bertambahnya usia, siklus biasanya memendek dan menjadi lebih teratur.

Pada usia berapa anak perempuan mulai melewati masa pubertas dan mulai menstruasi?

Usia rata-rata seorang gadis untuk mendapatkan menstruasi pertamanya adalah sekitar umur 12 tahun (untuk anak-anak di Amerika), tetapi rentang usia tersebut sekitar 8 hingga 15 tahun. Wanita biasanya mengalami menstruasi sampai sekitar usia 45 hingga 55 tahun.

Apakah ada obat untuk nyeri dan gejala lain yang disebabkan oleh menstruasi?

Perawatan untuk penyebab nyeri haid tergantung pada apa penyebabnya, dan mungkin termasuk pil KB, menstruasi yang berat atau berkepanjangan, IUD, obat steroid noninflamasi (NSAID), misalnya ibuprofen (Advil,), aspirin, naproxen (Aleve) , dan obat nyeri yang dijual bebas (OTC) untuk meredakan nyeri dan kram.

Apa yang di maksud toxic shock syndrome? Apakah itu mengancam nyawa?

Wanita harus mengganti pembalut sebelum menjadi basah oleh darah (kira-kira setiap 4 sampai 8 jam); ikuti petunjuk di kotak untuk membantu menghindari TSS (toxic shock syndrome), penyakit yang berpotensi mematikan.

Hubungi dokter atau ahli kesehatan lainnya jika Anda memiliki kelainan pada saat menstruasi, misalnya perdarahan berlebihan, tidak ada menstruasi, nyeri hebat, demam dengan penggunaan pembalut, ketidakteraturan mendadak, dan masalah lainnya.

Semoga bermanfaat. Artikel ini adalah hasil terjemahan. Jika terdapat kesilapan dan kesalahan mohon dimaafkan ya sobat. Artikel asli dapat di telusuri di https://www.medicinenet.com/menstruation/article.htm.

Post a Comment for "Pengetahuan Penting Seputar Menstruasi yang Harus Diketahui"