Ingat! Ini Syarat Penting Jika Ingin Melakukan Penerbangan Saat Pandemi Covid-19

Hari ini saya akan berbagi informasi terkait penerbangan saat pendemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Tanggal 26 Agustus 2020 lalu, saya mendapatkan pesan dari seorang sahabat yang berisian surat undangan untuk mengikuti Pembekalan Narasumber dan Instruktur Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dirjen GTK Kemdikbud pada tanggal 07 s.d. 10 September 2020 di Jakarta.


Rasa syukur tak terhingga kepada ALLAH, karena nama saya terpilih untuk salah satu Narasumber pada program ini. Lalu saya menyampaikan kabar baik ini kepada istri saya. Dia pun mengucapkan kalimat thaiyyibah "Alhamdulillah".

Namun setelah itu, istri saya bertanya "Bang, ini pembekalannya melalui virtual/zoom atau harus ke Jakarta?", lalu saya menjawab, "Kegiatannya di Jakarta dek, di Hotel Ambraha selama 4 hari, dari tanggal 07 s.d. 10 September 2020".

Suasana sempat hening karena dalam pikiran saya dan istri teringat suasa Covid-19 yang terus merajalela. Lalu istri saya berkata, "Bang, coba cari informasi terkini tentang penerbangan saat Covid-19". Lalu saya mengirimkan pesan email ke pihak Garusa Indonesia seperti berikut:
Salam

Saya akan terbang dari Aceh ke Jakarta. Terkait dengan kondisi covid, adakah syarat yg harus saya persiapkan? Apakah surat keterangan hasil rapit tes dan surat keterangan bebas influenza dari rumah sakit di wajibkan? 



Terima kasih


Ingat! Ini Syarat Penting Jika Ingin Melakukan Penerbangan Saat Pandemi Covid-19
Pesan email ke pihak Garusa Indonesia
Setelah lebih dari 1 jam, Pihak Garuda Indonesia membalas email sebagai berikut:

Kepada Yth.
.......
Salam Garuda Indonesia.
Terima kasih telah mengirimkan email kepada kami.

Menanggapi email yang Ibu sampaikan tekait persyaratan terbang dan keperluan dokumen, silakan Ibu dapat melakukan pengecekan melalui website kami dengan link https://www.garuda-indonesia.com/id/id/news-and-events/kebijakan-operasional-terkait-covid19 karena setiap daerah memiliki ketentuan yang berbeda.

Untuk informasi lainnya, Ibu dapat menghubungi layanan live chat kami di bit.ly/livechatgaruda atau menghubungi call center di +6221 2351 9999 atau 08041 807 807 (biaya telepon tidak dapat direfund).

Demikian kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Hormat kami,
PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
Customer Care Representative

Ayu Widyarani

Ingat! Ini Syarat Penting Jika Ingin Melakukan Penerbangan Saat Pandemi Covid-19
Balasan email dari pihak Garuda Indonesia
Setelah mendapatkan balasan email, saya langusung mengklik sebuah link yang telah diberikan. Dalam link tersebut dijelaskan secara lengka Informasi Mengenai Kebijakan Operasional Penerbangan Terkait Covid-19 (dapat dilihat lebih lengkap pada link di atas). Namun, ada beberapa point yang harus saya siapkan sebelum melakukan penerbangan yaitu:

Penerbangan Domestik
  • Setiap orang diperbolehkan melakukan penerbangan selama membawa Surat Kesehatan dengan hasil tes bebas COVID-19 sesuai dengan ketentuan daerah tujuan penerbangan sebagaimana tabel dibawah.
  • Adapun bagi penumpang yang berangkat dari daerah yang tidak memiliki fasilitas tes COVID-19, dapat digantikan dengan surat keterangan bebas gejala influensa yang di keluarkan dokter Rumah Sakit/ Puskesmas setempat.
Melihat pesan di atas, karena daerah asal saya tidak memiliki fasilitas tes COVID-19, lalu saya surat keterangan bebas gejala influensa yang di keluarkan dokter Rumah Sakit. Lalu untuk jaga-jaga, saya membuat satu lagi surat, yaitu Surat Keterangan Sehat, walaupun tidak diminta dalam syarat. Ini hanya untuk jaga-jaga saja, takut diminta juga. hehe

Lalu, saya mendapatkan kabar dari teman bahwa ada syarat lain lain yang harus saya penuhi, yaitu Surat Hasil Rapid Test. Wah, jujur sob, saya mulai bingung karena tidak tau harus ambil di mana surat keterangan itu, berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk Rapid Test dan di mana saya bisa melakukan Rapid Test? Setelah saya ketahui, ternyata lumanyan juga sob biaya untuk rapid test ..

Klink Link di bawah untuk sambungan cerita ya sobat.. 



Post a Comment for "Ingat! Ini Syarat Penting Jika Ingin Melakukan Penerbangan Saat Pandemi Covid-19"