Sinyal untuk Generasi Bangsa

Saya sangat terharu saat mendapatkan foto dari grup Nasumber dan Instruktur Nasional program pemenuhan guru pembimbing khusus program pendidikan inklusif.

Sinyal untuk Generasi Bangsa

Foto itu mengambarkan kondisi seorang guru yang mencari sinyal internet untuk mengikuti Bimtek Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus. Beliau adalah salah satu peserta kelas 30A yang berasal dari NTT. 


Tampak di gambar, beliau duduk di sebuah batu besar, tanpa ada pohon yang melindungi tubuhnya dari panasnya terik matahari. Itu ia lakukan hanya untuk mendapatkan sinyal internet yang baik agar ia dapat mengikuti bimtek yang sedang ia ikuti. 

Covid-19 telah merubah semua sistem, baik dalam pekerjaan maupun dalam pembelajaran. Hadirnya istilah work from home (WFH) dalam dunia kerja, dan juga belajar dari rumah (BDR) dunia pendidikan, mengubah sistem tatap muka langsung, menjadi tatap muka secara online. 

Baca juga: Disabilitas tak Diberi Ruang, Supir Bus Usir Semua Penumpang

Kurangnya dukungan fasilitas bukan penghalang baginya untuk terus belajar. Kondisi seperti tetap ia lakukan karena ia sadar bahwa profesi mulia seorang guru yang ada pada dirinya, ia abdikan dan terus ia perjuangkan untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didik generasi bangsa ini.

Peserta ini adalah seorang guru dari sekolah reguler. Program bimtek yang sedang ia ikuti bertujuan untuk mengenalkan konsep pemahaman dan implementasi program pendidikan inklusif di sekolahnya. Menerima keberagaman peserta didik dan memberikan pelayanan yang optimal untuk peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah-sekolah reguler. 

Baca juga: Tunanetra dengan Segudang Prestasi

Duhai bapak peserta kelas 30A dari NTT, Terima kasih atas perjuangan yang telah engkau berikan untuk generasi bangsa ini. Tanggung jawabmu sebagai seorang guru membuat kami semakin bangga dengan profesi mulia ini.

Terima kasih telah setia bersama www.suryadisabilitas.com dan telah mengikuti Fanspage Surya Disabilitas.

5 comments for "Sinyal untuk Generasi Bangsa"

  1. Mantap artikelnya entah kapan saya bisa menjadi penulis

    ReplyDelete
  2. Salah satu teman kami di kelas 30_A

    ReplyDelete
  3. Sungguh semangat yang luar biasa demi anak bangsa.Semoga selalu sehat dan semangat bapak.

    ReplyDelete
  4. Sangat menginspirasi... Luar biasa pak, perjuangan dan pengorbanan Bapak akan mendapatkan balasan yang setimpal juga. Amin. ..Sukses selalu pak.. . Sukses untuk para pejuang GPK 2020. Semoga kita semua lulus. Amin. ..

    ReplyDelete
  5. Sangat menginspirasi. ..Itulah komen saya di atas untuk Bapak Sang Pejuang GPK 2020.(8 oktober 2020 at 4.56 AM)

    ReplyDelete