Luas Segitiga Melalui Determinan Matriks dan Classwiz

Luas Segitiga Melalui Determinan Matriks dan Classwiz

Luas Segitiga Melalui Determinan Matriks dan Classwiz

Hai sobat Surya Disabilitas. Sehat kan? Semoga semuanya sehat ya

Kali ini kita akan membahas tentang Luas Segitiga Melalui Determinan Matriks dan Classwiz. 

Adakah di antara sobat yang mempelajari tentang matrik? 

Mungkin sobat ada yang bertanya,untuk apa sih belajar matriks itu? Untuk sobat ketahui bahwa ternyata, keberadaan matriks cukup itu sangat membantu para engineer untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang memiliki variabel cukup banyak lho. 

Tidak hanya itu lho sobat, matriks juga ternyata dapat digunakan untuk membantu mengetahui dan menyelidiki sumber minyak bumi baru. 

Dalam artikel ini, sobat tidak akan diajarkan untuk hal-hal itu ya, akan tetapi sobat akan diajarkan tentang Luas Segitiga Melalui Determinan Matriks dan Classwiz Temukan jawabannya di artikel ini ya sobat

Apa itu Determinan Matriks?

Saat sobat semua belajar tentang matriks, salah satu besaran yang akan sobat pelajari adalah tentang determinan. Determinan matriks adalah nilai yang dapat dihitung dari unsur-unsur matriks. 

Determinan ini juga merupakan besaran skalar atau juga besaran yang hanya memiliki besar/nilai. Untuk diketahui bahwa, unsur matriks yang dimaksud adalah unsur matriks persegi. 

Apa yang di maksud dengan matriks persegi? Matriks persegi adalah matriks yang padanya memiliki jumlah baris dan kolom yang sama. contohnya, suatu matriks A adalah matriks 2 × 2 dengan unsur sebagai berikut:


Maka nilai determinannya dinyatakan sebagai adalah berikut:

det A = |A| = ad – bc

Lalu, apa itu pengertian CLASSWIZ?

CLASSWIZ adalah sebuah model Kalkulator, namanya Kalkulator Model CLASSWIZ.

Nah, kalkulator Model CLASSWIZ adalah sebuah  perkembangan LCD lebih lanjut yang mempunyai resolusi tinggi yang mampu memuat jumlah informasi yang lebih banyak untuk dapat ditampilkan di layar kalkulator, selain itu juga dapat meningkatkan kegunaan kalkulator tersebut.

Sebagai info untuk sobat juga bahwa untuk tambahan kalkulator Model CLASSWIZ ternayata dilengkapi dengan fungsi spreadsheet dasar, hal ini untuk dapat membuat spreadsheet sampai dengan 5 kolom dan 45 baris (maksimum 170 item data).

Seperti yang kita ketahui bahwa pembelajaran matriks di SMA terutama pada bagian determinan matriks 3x3 relatif tidak menyentuh persoalan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. 

Saya memperoleh soal menghitung luas segitiga yang ternyata dapat diselesaikan melalui determinan matriks 3x3. 

Serunya lagi bisa menggunakan kalkulator saintifik classwiz dengan mudah dan cepat tanpa pakai ribet. 

Ditambah lagi jika dalam pembelajaran memanfaatkan kelas digital classwiz yaitu Worldwide education service (WES) Casio yang dapat dimanfaatkan melalui android, Casio Edu+. Classwiz dapat menghasilkan QR Code, lalu dikirim ke kelas digital casio, guru dapat menganalisis jawaban siswa tanpa kertas tersebut.

Determinan Matriks 3x3 ternyata juga dapat digunakan untuk menghitung luas segitiga. 

Suatu alternatif terutama untuk penyelesaian luas segitiga yang berbentuk sembarang dan besar sudut yang tidak diketahui. 

Video ini memberi pengetahuan tentang memanfaat kalkulator classwiz dalam penyelesaiannya sekaligus memberi wawasan dalam pembelajaran jarak jauh memanfaatkan WES Casio mengirim hasil perhitungan. 

Silahkan ditonton sampai selesai dan semoga bermanfaat


Demikian yang dapat admin bagikan tentang Luas Segitiga Melalui Determinan Matriks dan Classwiz. Semoga bermanfaat ya.

Sobat Surya Disabilitas stay tune blog kita ya, sobat bisa ikuti artikel kami terus dengan cara subscribe email untuk mendapatkan info artikel update kami. 

Jika sobat ada pertanyaan atau ingin request artikel penting lainnya, admin akan berusaha membuatnya lalu kita akan coba kupas bersama ya.


Oleh: Khairuddin Budiman

Post a Comment for "Luas Segitiga Melalui Determinan Matriks dan Classwiz"