Pengertian SDGs Desa dan Contoh RAB SDGs Desa Tahun 2021


Pengertian SDGs Desa dan Contoh RAB SDGs Desa Tahun 2021
Sumber gambar: digitaldesa.id

Banyak yang bertanya apa itu SDGs desa. Nah kali ini kita akan kupas lebih lanjut tentang SDGs desa ya sobat.

SDGs Desa adalah sebuah upaya terpadu yang bertujuan untuk mewujudkan Desa tanpa adanya angka kemiskinan dan juga kelaparan, ekonomi desa tumbuh secara merata, desa peduli akan kesehatan, desa peduli terhadap lingkungan, desa peduli akan pendidikan, desa ramah terhadap perempuan, desa mewujudkan jejaring kerjasama, dan desa tanggap terhadap perwudan budaya untuk mempercepat tercapainya Tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan.

Selain pengertian di atas, dalam pengertian lainnya disebutkan bahwa pengertian SDGs Desa adalah suatu turunan dari SDGs Nasional atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nasional.

Sedangkan pengertian secara umum, SDGs adalah merupakan suatu singkatan dari Sustainable Development Goals yang mempunyai arti yaitu suatu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). 

Pengertian ini sebagaimana tertuang dalam dalam dokumen Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development. Selain itu juga sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Untuk pengetahuan kita bersama bahwa secara umum SDGs desa mempunyai 18 tujuan, yaitu (1) Desa Tanpa Kemiskinan (2) Desa Tanpa Kelaparan (3) Desa Sehat dan Sejahtera (4) Pendidikan Desa Berkualitas (5)Keterlibatan Perempuan Desa (6) Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi (7) Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan (8)Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata (9)Infrastruktur dan Inovasi Desa Sesuai Kebutuhan (10) Desa Tanpa Kesenjangan (11) Kawasan Permukiman Desa Aman dan Nyaman (12) Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan (13) Desa Tanggap Perubahan Iklim (14) Desa Peduli Lingkungan Laut (15) Desa Peduli Lingkungan Darat (16) Desa Damai Berkeadilan (17) Kemitraan Untuk Pembangunan Desa (18) Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.

Dana Desa untuk 8 Tipologi Desa Berdasarkan SDGs Desa

Jika kita melihat Permendesa No 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, dengan jelas disebutkan bahwa dalam Undang-Undang Desa telah mengamanahkan bahwa tujuan pembangunan Desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan juga meningkatkan kualitas hidup manusia serta menjelaskan tentang bagaimana penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana yang ada di desa, pengembangan potensi ekonomi yang ada di lokal, dan juga menjelaskan tentang pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Baca juga: Dana Desa untuk 8 Tipologi Desa dan 18 tujuan SDGs Desa

Adapun ang dimaksud dengan berkelanjutan yaitu pembangunan desa untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan masyarakat saat ini dilakukan tanpa harus mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi desa di masa yang akan datang. 

Oleh karena itu untuk mengoperasionalkan tujuan pembangunan sesa yang diamanhkan oleh Undang-Undang Desa tersebut di atas, maka penggunaan dana desa semestinya diprioritaskan untuk mewujudkan 8 (delapan) tipologi desa dan 18 (delapan belas) tujuan SDGs Desa.

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) SDGS Desa Tahun 2021. Silahkan sobat mendownload ya


Demikian penjelasan singkat yang dapat admin bagokan mengenai SDGs Desa. Semoga dapat menambah wawasan serta referensi bagi sobat sesa di seluruh Nusantara.

Post a Comment for "Pengertian SDGs Desa dan Contoh RAB SDGs Desa Tahun 2021"