Contoh Lengkap RPP 1 Lembar Inspiratif PAUD, SD, SMP, SMA, dan SLB

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran telah menyusun RPP 1 Lembar Inspiratif untuk acuan dan pedoman guru. RPP 1 Lembar Inspiratif ini dikeluarkan sebagai respon keluhan dari guru yang mengeluhkan beban administrasi guru terlalu banyak dan berat.

Contoh Lengkap RPP 1 Lembar Inspiratif PAUD, SD, SMP, SMA, dan SLB

RPP K13 dengan 13 komponen yang selama ini yang digunakan merupakan salah satu beban administrasi guru.

Baca juga: Cara dan Contoh Membuat RPP SLB 1 Lembar

Guru merasakan beban berat dengan 13 komponen yang harus di rinci membutuhkan banyak lembaran, kemudian harus di print dengan biaya yang cukup lumayan berat untuk sebuah rencana pelaksanan.

Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran ikut memberkan kontribusi dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik.

Baca juga: Program Pembelajaran Individual Anak Berkebutuhan Khusus

RPP ini dengan format satu lembar, memuat komponen utama yaitu tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

Tujuan pembelajaran berdasarkan kandungan Kompetensi Dasar (KD) dan dituliskan dengan kalimat yang lebih mudah di pahami .

Kegiatan pembelajaran menggambarkan kegiatan aktif siswa selama mengikuti pembelajaran.

Penilaian atau assesmen sebagai alat untuk mengukur ketercapaian KD yang sudah dikuasai oleh peserta didik.

Kehadiran RPP inspiratif yang dikeluarkan oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran ini, tidak hanya sekedar mengurangi banyak jumlah halaman pada RPP menjadi RPP satu halaman.

Namun lebih daripada itu, pendidik diberikan kebebasan untuk membuat dan menyusun RPP. bukan sekedar banyaknya jumlahnya halaman RPP, akan tetapi bagaimana guru menerapkan rencana itu secara matang dan mudah dipahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM).

Baca juga: Definisi Disabilitas Menurut Para Ahli

Jika RPP 1 Lembar inspiratif ini masih diperdebatkan dan dipertentangkan karena jumlah halamannya, maka guru harus kembali meninjau ulang profesionalismenya sebagai guru.

Dengan demikian, harapan dari dikeluarkannya RPP 1 lembar inspiratif ini, tidak ada lagi guru yang mengeluh karena beban banyak dan berat dalam administrasi, khususnya penyusunan RPP.

Baca juga: Mendikbud: Hanya Guru Honorer yang Lulus Seleksi Bisa Jadi PPPK

RPP 1 lembar inspiratif disusun dari jenjang PAUD sampai Pendidikan Dasar dan Menengah, dan SLB. Memang tidak semua mata pelajaran yang disusun, akan tetapi ada beberapa yang mewakili dari satuan pendidikan.

Download (RPP) 1 Halaman Inspiratif Semua Jenjang

Selengkapnya mengenai link download RPP 1 Halaman Inspiratif Semua Jenjang ini bisa anda unduh melalui link berikut ini.

Demikian informasi mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar Inspiratif Semua Jenjang yang dapat kami sampaikan.

Baca juga: Akankah BLT Guru Honorer Diperpanjang ke 2021? 

Semoga menjadi acuan dan referensi untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Silahkan download contoh lengkap RPP 1 lembar inspiratif PAUD, SD, SMP, SMA, dan SLB di bawah ini


Sumber: www.cararingkas.com

Post a Comment for "Contoh Lengkap RPP 1 Lembar Inspiratif PAUD, SD, SMP, SMA, dan SLB"