Disleksia

Disleksia adalah kesulitan belajar spesifik yang antara lain dapat berdampak pada kemampuan individu untuk memecah kata-kata menjadi komponen fonem mereka, keterampilan penting yang terlibat dalam membaca, menulis, dan mengeja.

Disleksia
Sumber gambar: readandspell.com

Orang dengan disleksia mungkin merupakan individu yang sangat cerdas dan kreatif tetapi masih kesulitan dengan keterampilan literasi dasar.

Baca juga: 3 Strategi Jitu dan Komponen Penting Mengajar Anak Disleksia di Kelas

Dengan bantuan yang tepat, tantangan ini dapat diatasi, tetapi karena tidak ada dua siswa penderita disleksia yang menunjukkan gejala yang sama, terkadang sulit bagi pendidik untuk mengidentifikasi solusi pengajaran yang paling efektif.

Itulah salah satu alasan mengapa para peneliti berusaha mengelompokkan bentuk yang umumnya diamati ke dalam kategori yang berbeda, untuk mempermudah menemukan pengobatan dan memastikan anak-anak penderita disleksia dari semua jenis tidak tertinggal dari teman sebayanya.

Namun, mengetahui cara mengidentifikasi disleksia sejak dini sama pentingnya dengan memahami berbagai jenis disleksia. Seorang anak penderita disleksia mungkin cukup cerdas, tetapi karya tulisnya sering kali tidak mencerminkan tingkat kosa katanya.

Baca juga: Cara Jitu Mengatur Kelas Pembelajaran Murid Diskalkulia

Anak dengan disleksia mungkin menunjukkan gejala seperti angka dan huruf terbalik, merasa sulit untuk mengingat ejaan kata-kata umum, terutama kata-kata penglihatan, dan dapat kesulitan membaca, menyalin pekerjaan, dan mengikuti instruksi. 

Anak dengan disleksia mungkin juga mengganggu di kelas dan dalam beberapa kasus bahkan mengadopsi sikap anti-akademis sebagai cara untuk mengatasi perasaan frustasi dan kepercayaan diri yang rendah yang diakibatkan ketika anak-anak dengan kesulitan belajar dicap sebagai malas, lamban atau bahkan “tidak” pandai membaca.

Tetapi ada cara guru dan orang tua dapat membantu anak-anak penderita disleksia mencapai kepercayaan diri dalam lingkungan akademis. Salah satu pendekatan yang paling efektif adalah melalui kursus mengetik sentuh yang memberikan kesempatan untuk mempelajari ejaan kosakata umum dan kata lain yang memperkuat korespondensi huruf suara.

Baca juga: Pengertian Disleksia, Diskalkulia, Disgrafia, Klasifikasi, dan Karakteristiknya

Mengambil pendekatan multi-indera juga memudahkan tugas tertulis untuk diselesaikan di komputer, yang berguna bagi anak-anak penderita disleksia yang juga berjuang dengan dyspraxia. Lebih penting lagi, ketika seorang anak dapat belajar dengan kecepatan yang tepat untuk mereka, mereka merasa lebih dapat mengontrol pembelajaran mereka dan membangun asosiasi positif dengan membaca, yang kemudian dibawa ke dalam kelas.

Bahkan orang dewasa penderita disleksia bisa mendapatkan keuntungan dari kursus mengetik dan mengeja, dan tidak ada kata terlambat untuk mempelajarinya. Satu pengguna TTRS baru menjadi pembaca setelah dia pensiun dari pekerjaannya!

6 Jenis disleksia

Bergantung pada teorinya, Anda akan menemukan berbagai jenis disleksia yang dibahas. Penting untuk diperhatikan bahwa tidak ada subtipe resmi disleksia dan aliran pemikiran yang berbeda telah mengambil pendekatan berbeda untuk memisahkannya. Selain itu, kesulitan belajar dapat sangat bervariasi dari individu ke individu dan orang mungkin menunjukkan gejala dari berbagai jenis atau dari jenis yang sama dan memiliki gejala yang berbeda.

Disleksia Fonologis

Tahukah Anda bahwa 75% penderita disleksia mengalami kesulitan dalam memecah ucapan menjadi suara individu? Setiap bahasa memiliki seperangkat bunyi milik bersama yang digunakan berulang kali untuk membentuk kata-kata. Penderita disleksia tidak kesulitan memproduksi dan memproses suara yang mereka butuhkan untuk berbicara dalam bahasa ibu mereka. Kesulitan muncul dengan mengidentifikasi suara individu yang membentuk sebuah kata.

Baca juga: Anak Sulit Membaca, Apakah itu Disleksia? 

Sepertinya suara tidak penting dalam membaca, tetapi salah satu langkah pertama yang harus diambil anak-anak dalam belajar membaca adalah menerjemahkan kata-kata. Ini melibatkan pengucapan satu huruf atau kelompok huruf pada satu waktu, yang merupakan aktivitas yang sangat menantang dalam bahasa Inggris karena ada berbagai cara untuk mengeja bunyi yang sama.

Untuk mengilustrasikan poin ini, berikut adalah ejaan alternatif lidah di pipi dari "ikan" dari pena George Bernard Shaw: Ambil suara f dari tangguh, suara i dari wanita, dan suara sh dari bangsa, dan begitulah - cara mengeja ikan adalah "ghoti". Jika Anda kesulitan mendengar urutan suara yang bergabung untuk membentuk sebuah kata, Anda belum tentu tahu sebuah kata saat melihatnya atau mampu mengejanya saat tiba waktunya untuk menuliskannya.

Disleksia Permukaan

Beberapa individu juga mengalami Surface Dyslexia, yang dapat menyebabkan mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses bahasa saat melampaui tahap decoding. Tidak semua kata dieja seperti bunyinya dalam bahasa Inggris dan terkadang kita menemukan sebuah kata yang tidak memberi petunjuk bagaimana pengucapannya.

Hal ini dapat terjadi pada semua penutur asli bahasa Inggris, itulah sebabnya kami menghafal ejaan yang tidak beraturan sehingga sebuah kata dapat dikenali saat kata itu dijumpai lagi. Tetapi anak-anak dengan Disleksia Permukaan mengalami kesulitan memahami keseluruhan kata. Hal ini menyebabkan kesulitan pemahaman dan sangat meningkatkan waktu pemrosesan yang diperlukan untuk membaca.

Disleksia Visual

Gejala sering kali termasuk kesulitan membaca dan mengingat apa yang telah dilihat di halaman. Itu karena semua jenis disleksia, Disleksia Visual berdampak pada pemrosesan visual, yang berarti otak tidak menerima gambaran lengkap tentang apa yang dilihat mata. Ini dapat memiliki implikasi yang parah untuk belajar membentuk huruf dan juga menguasai ejaan, sebuah proses di mana mengingat urutan huruf yang benar dalam kata-kata adalah kuncinya.

Disleksia Primer

Label "utama" mengacu pada disleksia jika itu disebabkan oleh kondisi yang diturunkan secara genetik. Ini berarti jika seorang anak memiliki orang tua penderita disleksia, mereka lebih mungkin mengalami kesulitan belajar sendiri. Disleksia Primer dapat menyebabkan kesulitan dalam memproses suara, huruf, dan angka, yang berdampak negatif pada kemampuan anak dalam mengeja, membaca, dan matematika. Disleksia tidak hanya terjadi dalam keluarga tetapi cenderung lebih sering ditemukan pada pria, terutama mereka yang kidal.

Disleksia Sekunder / Perkembangan

Karena infeksi, dan terkadang gizi buruk di dalam rahim, beberapa bayi mengalami masalah perkembangan otak yang dapat menyebabkan gangguan saraf dan menyebabkan disleksia. Dari sekian banyak jenis disleksia, Sekunder atau Perkembangan telah terbukti memberikan respons terbaik terhadap pengobatan, termasuk kerja fonik yang ditargetkan melalui program komputer.

Trauma Dyslexia juga disebut sebagai Acquired Dyslexia

Saat orang dewasa atau anak-anak mengalami cedera otak akibat trauma atau penyakit, mereka terkadang mengalami kesulitan dalam pemrosesan bahasa, yang menyebabkan disleksia.

Ada tipe lain juga. Misalnya, Teori Keseimbangan berfokus pada perilaku orang dalam membaca untuk menyarankan beberapa jenis. Disleksia Perseptual, adalah saat orang kesulitan mengenali kata secara keseluruhan, yang menyebabkan lambatnya membaca.

Disleksia Linguistik adalah ketika mereka membaca dengan cepat tetapi membuat kesalahan dan Campuran mencerminkan kedua kondisi tersebut. Individu juga dapat mengalami Disleksia Auditori, Spasial atau bahkan Matematika.

Solusi pengajaran untuk disleksia

Guru dapat membantu siswa penderita disleksia di kelas dengan menyadari kesulitan belajar dan menyediakan waktu ekstra bagi siswa untuk memproses dan mempelajari materi baru. Misalnya, anak-anak dapat memperoleh banyak manfaat dengan secara khusus mempelajari cara membaca kata-kata penglihatan.

Ini adalah kata-kata layanan dan preposisi yang biasa ditemukan dalam bahan bacaan kelas. Meskipun demikian, itu bisa menjadi kata-kata yang sulit untuk diingat oleh anak-anak penderita disleksia karena mereka kurang bisa menerima alat mnemonik. Mengajar kata-kata penglihatan melalui pengulangan ekstensif melalui program ejaan komputer seringkali merupakan solusi terbaik.

Mengizinkan siswa untuk mengetik tugas jika memungkinkan adalah strategi bagus lainnya. Ini dapat membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan anak penderita disleksia untuk menyelesaikan tugas dengan menghilangkan mekanisme penulisan dari tugas, dan memberi mereka akses ke Pemeriksa Ejaan.

Anda juga dapat mencoba mengajarkan strategi ejaan khusus. Di atas segalanya, berikan banyak pujian. Mengembangkan keterampilan literasi merupakan tantangan dan siswa Anda akan membutuhkan dorongan. Pelajari lebih lanjut tentang mengajar siswa penderita disleksia.

Solusi pembelajaran untuk disleksia

Pendekatan dapat bervariasi tergantung pada gejalanya, tetapi kebanyakan penderita disleksia merespons dengan baik teknologi yang memecah pembelajaran menjadi unit ukuran gigitan. Ini memungkinkan mereka untuk melanjutkan melalui kursus dengan kecepatan mereka sendiri, mempelajari satu langkah pada satu waktu dan mengulang modul sampai mereka siap untuk melanjutkan.

Jenis pembelajaran berlebihan ini sangat membantu dan juga dapat bermanfaat bagi anak-anak dengan gangguan attention deficit disorder /attention hyperactive disorder dan kesulitan belajar khusus lainnya.

Baca dan Eja tipe sentuh

Baca dan Eja tipe sentuh dikembangkan untuk membantu anak-anak dan orang dewasa penderita disleksia belajar mengetik dengan cara multi-indera yang memperkuat keterampilan membaca dan mengeja mereka sekaligus meningkatkan harga diri. Kursus ini bertujuan untuk membantu pelajar merasakan dan menjadi sukses sambil membuat komputer lebih mudah diakses.

Siswa dapat belajar mengetik dengan latihan sepuluh menit sehari 3-5 kali seminggu.

Post a Comment for "Disleksia"