Pentingnya Peran Dunia Industri dalam Pengembangan Skill (Vokasional) bagi Peserta Didik Disabilitas

Peran dunia industri dalam pengembangan pendidikan life skill atau vokasional, tampak lebih nyata dibanding dengan di sekolah inklusif atau sekolah khusus.

Pentingnya Peran Dunia Industri dalam Pengembangan Skill (Vokasional) bagi Peserta Didik Disabilitas
Sumber gambar: brucedwatson.wordpress.com

Jika konsep antara dunia usaha dan dunia industri dipisah, maka dunia usaha lebih strategis untuk melibatkan para penyandang disabilitas dibanding dengan dunia industri. 

Dunia industri secara kasat mata merupakan dunia kerja yang memerlukan kegiatan fisik. Hal ini berkitan dengan proses produksi dari berbagai kebutuhan hidup manusia. 


Industri mobil misalnya, merupakan serangkaian produksi alat dan komponen atau bahan yang diperlukan untuk menyusun sebuah kendaraan hingga menjadi utuh. 

Tetapi, tidak berarti para penyandang disabilitas tidak akan mampu untuk mengikuti semua proses produksi di sebuah industri. Karena di bagian-bagian tertentu selalu diperlukan bagian-bagian lain yang sangat saling membantu. 


Misalnya, pada industri kendaraan bermotor, dipastikan diperlukan teaga administrasi untuk mengelola sumber daya pada industri tersebut. Penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan mobilitas dan gerak tidak terganngu bisa bekerja di bagian tersebut.

Seorang penyandang disabilitas rungu, atau seseorang yang memiliki hambatan pendengaran, memungkinkan bekerja sebagai operator mesin, misalnya operator mesin pemotong kayu, operator mesin pencuci lantai dan lain sebagainya. 

Keterbatasan dalam pendengaran memungkinkan seorang penyandang disabilitas rungu bisa bekerja di ruangan yang berisik.

Sumber: Bahan Baca Narasumber dan Instruktur Program Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus Tahun 2020.

Post a Comment for "Pentingnya Peran Dunia Industri dalam Pengembangan Skill (Vokasional) bagi Peserta Didik Disabilitas"