Apa yang Dimaksud dengan Inklusi?

Apa yang Dimaksud dengan Inklusi?
Sumber gambar: kompasiana.com

Apa yang dimaksud dengan Inklusi?

Inklusi dipandang sebagai hak asasi manusia universal. Tujuan dari inklusi adalah untuk merangkul semua orang tanpa memandang ras, jenis kelamin, kecacatan, medis atau kebutuhan lainnya. Ini tentang memberikan akses dan kesempatan yang sama dan menghilangkan diskriminasi dan intoleransi (menghilangkan hambatan). Itu mempengaruhi semua aspek kehidupan publik.

Desain Inklusif

Desain inklusif adalah tentang membuat tempat yang dapat digunakan semua orang. Cara tempat dirancang memengaruhi kemampuan kita untuk bergerak, melihat, mendengar, dan berkomunikasi secara efektif.

Desain inklusif bertujuan untuk menghilangkan hambatan yang menciptakan upaya dan pemisahan yang tidak semestinya. Ini memungkinkan setiap orang untuk berpartisipasi secara setara, percaya diri dan mandiri dalam aktivitas sehari-hari.

Inklusi dalam Pendidikan

Dalam pendidikan "inklusi" telah menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan hak orang tua dan anak untuk mengakses pendidikan arus utama bersama dengan teman sebayanya, di mana orang tua menginginkannya dan kebutuhan anak dapat dipenuhi.

Integrasi, yang berfokus pada kemampuan anak untuk beradaptasi telah digantikan oleh Inklusi. Fokus untuk Inklusi adalah pada kemampuan pengaturan untuk beradaptasi dengan kebutuhan anak, mengubah cara kerjanya jika perlu.

Pengaturan inklusif bekerja untuk menyediakan perencanaan yang efektif dan kegiatan yang berbeda (diferensiasi) untuk memenuhi kebutuhan individu.

Sejumlah lembaga pendidikan telah menemukan bahwa pergerakan menuju pendidikan inklusif telah membawa perbaikan pada standar pendidikan umum. Ini didukung oleh penelitian.

Di bawah Disability Discrimination Act (DDA) 2005 dan SEN dan Disability Act (SENDA) 2001, sekolah sudah memiliki kewajiban untuk tidak memperlakukan anak penyandang disabilitas secara kurang menyenangkan dibandingkan anak non-disabilitas. Melalui IEPS, SENCos akan dilibatkan dalam membuat penyesuaian wajar yang diperlukan untuk anak-anak penyandang disabilitas untuk memastikan mereka memiliki akses ke kurikulum, informasi dan lingkungan fisik.

Post a Comment for "Apa yang Dimaksud dengan Inklusi?"