4 Komponen Penting Analisis Tugas dalam Pendidikan Khusus

Analisis Tugas atau juga disebut Task analysis adalah proses di mana tujuan yang luas dipecah menjadi tujuan kecil atau bagian dan diurutkan untuk diinstruksikan.

4 Komponen Penting Analisis Tugas dalam Pendidikan Khusus
Sumber gambar: thoughtco.com

Analisis tugas adalah proses mengembangkan urutan pelatihan dengan memecah tugas menjadi langkah-langkah kecil yang dapat dikuasai oleh anak dengan lebih mudah. 

Tugas, keterampilan, latihan, atau pekerjaan di kelas menjadi dapat dikelola untuk semua anak, yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi penuh dalam proses belajar mengajar.

Dalam pengaturan anak usia dini, guru memfokuskan analisis tugas pada kegiatan yang diperlukan untuk partisipasi yang sukses dalam lingkungan.

Ada empat cara untuk mengembangkan langkah-langkah yang diperlukan untuk analisis tugas termasuk menonton master, pemantauan diri, brainstorming, dan analisis tujuan. Guru anak usia dini dapat menggunakan masing-masing pendekatan ini untuk mengidentifikasi dan mencatat 4 langkah tambahan, yaitu:

1. Menonton Master
Untuk mengetahui bagaimana membantu anak-anak berjalan di balok keseimbangan, perhatikan seseorang yang melakukan tugas ini dengan baik.

2. Pemantauan Mandiri
Untuk mengetahui cara membantu anak-anak membuat kalkun bubur kertas, tinjau langkah-langkah yang Anda ikuti dalam menyelesaikan tugas.

3. Brainstorming
Untuk mengetahui bagaimana membantu anak-anak merencanakan taman di plot sekolah, minta semua anak untuk memberi Anda ide

4. Analisis Tujuan
Untuk mengetahui bagaimana membantu anak-anak mengembangkan strategi resolusi konflik, tinjau aspek yang dapat diamati dan tidak dapat diamati dari tugas ini, dan identifikasi cara untuk melihat bagaimana hal itu dicapai.

Penting untuk diingat bahwa jumlah langkah dalam analisis tugas tergantung pada tingkat fungsi anak serta sifat tugas. Admin harap Anda menikmati penjelasan singkat tentang analisis tugas dan 4 komponennya. Jika Anda memiliki sesuatu yang ingin Anda tambahkan ke artikel, silakan tinggalkan di komentar di bawah.

Untuk membantu guru lebih memahami komponen analisis tugas dan bagaimana itu dapat digunakan di kelas, di bawah ini kami menyertakan video informasi yang disusun oleh profesor di Virginia Commonwealth University.



Diterjemah bebas oleh blog Surya Disabilitas

Post a Comment for "4 Komponen Penting Analisis Tugas dalam Pendidikan Khusus"