Pengertian, Prinsip, dan Penerapan Universal Design For Learning

Universal Design for Learning (UDL) telah menjadi perbincangan hangat dalam dunia pendidikan.

Pengertian, Prinsip, dan Penerapan Universal Design For Learning (UDL)
Sumber gambar: lacomadre.org
UDL adalah kumpulan konsep untuk yang digunakan dalam pengembangan kurikulum yang bertujuan untuk memberi kesempatan yang sama semua individu untuk dapat belajar dengan baik. UDL menuntun suatu perbuatan hasil pembelajaran, sumber daya, dan sistem penilaian yang sesuai untuk semua orang.


UDL adalah sebuah pendekatan yang didasari serta didukung oleh hasil-hasil penelitian di bidang ilmu saraf dan juga dirancang untuk dapat meningkatkan pengalaman-pengalaman dan hasil belajar bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik berkebutuhan khusus/ penyandang disabilitas, peserta didi yang berasala dari latar belakang budaya dan sosial ekonomi yang berbeda, peserta didik usia anak-anak hingga usia dewasa.

Berikut ini admin akan membagikan sebuah artikel berjudul Universal Design For Learning: Pengertian, Prinsip, dan Penerapan yang ditulis oleh Jimmy Trianto Utomo dari SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. 

Baca juga: 3 Prinsip Universal Design for Learning dalam Pendidikan Inklusif

Arikel ini sangat baik dan sangat bermanfaat sebagai bahan bacaan dan rujukan tentang Universal Design For Learning dan kaitannya dengan pendidikan khusus untuk peserta didik berkebutuhan khusus/ penyandang disabilitas. Arikel ini diambil dari http://digilib.mercubuana.ac.id/.

Semoga bermanfaat dan selamat membaca ya sobat pembelajar.

1 comment for " Pengertian, Prinsip, dan Penerapan Universal Design For Learning"