Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus

Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus

Salam sobat Surya Disabilitas. Semoga selalu sehat ya, agar dapat beraktifitas seperti biasa.

https://www.suryadisabilitas.com/2021/03/hadits-dalil-amal-shaleh-pahalanya-tidak-pernah-putus.html
Sumber gambar: Kompas.com

Nah, kali ini admin akan membagikan hadis tentang Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus. Hadist ini biasa adalam dalam pelajaran Agama Islam atau dalam pelajaran terkait tentang Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus walaupun kita telah kembali mengahadap sang Khalid.

Pembelajaran hadis tentang Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus ini admin replikasi dan modifikasi dari blog CecepGaos.Com. Sobat juga dapat berkunjung di blog tersebut ya.

Untuk para guru, seperti biasa sebelum memulai pembelajaran biasanya guru menyapa peserta didik kan? Nah berikut admin sedikit memberikan narasi kegiatan pembelajaran tentang Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus. 

Assalamu'alaikum Wr. Wb anak-anak bapak/ ibu semua.

Selamat pagi semuanya. Bagaimana kabar hari ini? Semoga kita semua selalu dan senantiasa selalu dalam keadaan sehat selalu dalam lindungan Allah Swt ya.

Sebelum kita memulai pembelajaran, alangkah baiknhya kita membaca doa terlebih dahulu dengan membaca surat Al-Fatihah, dan berdoa semoga Allah memberi penerangan pikiran kita agar kita dapat menyerap pelajaran tentang Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus hari ini. 

Nah, anak-anak hari ini kita akan belajar Hadits tentang amal shaleh yang tidak putus pahalanya.

Berikut ini bapak paparkan Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus.

Mohon anak-anak sekalian memperhatikan dengan baik ya materi Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus. 

 



Artinya:


"Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata, Rasulullah Saw bersabda, "Apabila manusia meninggal dunia , putuslah amalnya, kecuali tiga macam: Sedekah jariyah (yang mengalir terus); ilmu yang dimanfaatkan; atau anak yang saleh yang mendoakan kepada kedua orang tuanya" (H.R. Muslim)



Silahkan simak video di bawah ini agar anak-anak lebih jelas bagaimana cara membaca dan memahami hadis tersebut.



Isi Kandungan Hadis Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus

Hadis yag telah dipaparkan di atas mengajarkan kepada kita bahwa amal shaleh yang sangat utama dan pahalanya tidak akan pernah putus. 

Melalui hadis tersebut di atas, Rasulullah SAW menjelaskan kepada kita bahwa jika manusia meninggal dunia nanti maka putuslah seluruh amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu:
  1. Sedekah Jariyah
  2. Ilmu yang Bermanfaat, dan 
  3. Anak Shaleh yang Selalu Mendoakan Orang Tuanya.

Sedekah Jariyah

Nah, jika seseorang yang ketika hidupnya di dunia mempunyai dan selalu mengamalkan sedekah jariyah, contonya seperti membuat rumah yatim piatu, sekolah, masjid, pesantren, jalan, rumah sakit, dan lain-lain sebagainya ikhlas karena Allah, maka orang tersebut ketika ia telah meninggal dunia akan merasakan nikmatnya pahala dari Allah karena sedekah jariyah yang ia berikan saat ia hidup di dunia. 

Pahala akan ia dapatkan tersebut akan terus mengalir tanpa putus selama sedekah jariyah tersebut terus dimanfaatkan orang banyak untuk kebaikan.


Ilmu yang Bermanfaat

Orang yang berilmu, lalu ilmunya banyak dimanfaatkan dan bagikan kepada orang lain, maka pahala dari ilmu tersebut akan terus mengalir tanpa putus ketika sudah meninggal dunia. Ia akan merasakan nikmatnya pahala yang Allah berikan kepadanya berkat ilmunya yang dimanfaatkan dan berguna orang lain.


Anak Shaleh yang Selalu Mendoakan Orang Tuanya

Orang tua mana yang tidak bangga ketika anaknya menjadi anak yang shaleh. Menjadi anak shaleh adalah hapran dari semua orang tua di dunia ini. 

Doa anak yang shaleh untuk orang tuanya akan menghatarkan pahala yang terus-menerus mengalir kepada orang tuanya ketika orang tuanya sudah meninggal dunia. Doa anak untuk orang tua akan langsung di terima Allah, karena doa anak untuk orang tua tidak ada hijab yang menghalangi. Orang tua yang meninggalkan anak shaleh yang anak tersebut selalu mendoakan orang tuanya akan merasakan nikmatnya pahala kesalehan anaknya yang masih hidup dan selalu mendoakan mereka.

Anak-anakku sekalian, demikianlah pembelajaran Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus.
 
Semoga anak-anak dapat memahaminya dengan baik dan juga kalian dapat mengamalkannnya dalam kehidupan sehari-hari.

Billlahittaufiq walhidayah.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

 Baca Juga Materi Pelajaran Menarik Lainnya:

⛔ Dalil Ciri-Ciri Orang Munafik

⛔ Luas Segitiga Melalui Determinan Matriks dan Classwiz

⛔ English Live Worksheet About Simple Future Tense | WILL

⛔ LKS Interaktif Tematik Kelas 3 Tema 6 Subtema 3 Energi Alternatif

⛔ LKS Interaktif Bahasa Inggris Tentang Seasons, Weather, dan Simple Future Tense


Sumber: 

  • Abdul Djaliel, Maman. 2013. Mari Belajar Hadis Diniyah Takmiliyah Awaliyah untuk Kelas VI Semester 1 dan 2 Edisi Pertama. Bandung: CV. Rizqi
  • CecepGaos.Com

Post a Comment for "Hadits Amal Shaleh yang Pahalanya Tidak Pernah Putus"